Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Keyboard Shortcut untuk Flashdisk / USB Drive pada PC Windows

[Foto: tech-worm.com]
Meskipun sekarang ini sudah lebih banyak orang yang menggunakan layanan cloud storage untuk berbagi data antara satu sama lain, namun itu bukan berarti USB Drive atau Flash Disk sudah tidak laku lagi. Bahkan sampai sekarang, masih ada banyak orang yang menggunakannya sehari-hari (termasuk saya sendiri). Jika Anda sering menggunakan USB Drive yang sama di PC yang sama, bukankah akan lebih praktis jika ada keyboard shortcut yang bisa langsung membuka USB Drive yang dicolokkan?

Memang, ada program atau tool gratis yang bisa secara otomatis membuat shortcut USB drive di desktop sehingga Anda cukup menklik dua kali pada shortcut untuk mengakses USB drive. Padahal, sebenarnya Anda bisa mengkonfigurasi sendiri keyboard shortcut untuk membuka USB Drive tanpa bantuan program pihak ketiga. Untuk menetapkan keyboard shortcut untuk USB Drive Anda, pertama-tama Anda harus menetapkan huruf drive yang unik untuk memastikan agar Windows tidak menetapkan huruf drive baru setiap kali Anda menghubungkan USB drive ke PC.

Mengakses USB Drive dengan keyboard shortcut pada Windows 10 / 8 / 7


Cukup ikuti petunjuk di bawah ini untuk menetapkan huruf drive yang unik untuk USB drive Anda, kemudian membuat keyboard shortcut untuk mengakses USB drive dengan cepat.

Langkah 1: Hubungkan USB drive ke PC Anda. Kami menyarankan agar Anda mem-backup data terlebih dahulu karena merubah huruf drive mungkin dapat mempersulit beberapa program untuk dijalankan. Anda bisa mengembalikan data setelah memilih huruf drive.

Langkah 2: Buka Disk Management. Untuk melakukannya, buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan, kemudian ketik Diskmgmt.msc di dalam kotak, kemudian tekan tombol Enter.

Langkah 3: Setelah Disk Management terbuka, klik kanan pada USB drive Anda kemudian klik Change Drive Letter and Paths. Ini akan membuka kotak dialog Change Drive Letter and Paths untuk drive Anda.

Langkah 4: Klik tombol Change, pilih huruf drive yang unik, kemudian klik tombol OK untuk menetapkan huruf yang dipilih menjadi USB drive Anda. Klik tombol Yes jika Anda melihat pesan: “Some programs that rely on drive letters may not run correctly”.

Langkah 5: Sekarang, buka Windows Explorer (Computer atau My Computer), klik kanan pada USB drive, kemudian klik opsi Create shortcut untuk membuat shortcut untuk USB drive pada desktop.

Langkah 6: Masuk ke desktop, klik kanan pada shortcut USB drive yang baru dibuat, kemudian pilih Properties.

Langkah 7: Di bawah tab Shortcuts, pada kotak Shortcut key, masukkan keyboad shortcut, kemudian pilih Apply. Selesai! Sebagai contoh, Anda dapat menetapkan Ctrl + Alt + U untuk meluncurkan USB drive. Setelah ini, Anda bisa membuka USB drive dengan keyboard shortcut yang telah Anda buat.