Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Keyboard Shortcut untuk Snipping Tool pada Windows 10 / 7

[Gambar: Screenshoot Clipping Tool]
Pada Windows XP dan versi Windows sebelumnya, mengambil screenshoot layar Windows tidaklah sepraktis sekarang. Pertama, Anda harus menekan tombol Print Screen pada keyboard, membuka program Paint, kemudian menekan tombol Ctrl + V untuk mengambil screenshoot. Seringkali, pengguna juga terpaksa harus menggunakan tool pihak ketiga untuk melakukannya. Untungnya, pada Windows Vista sudah ada Snipping Tool untuk mempermudah pengguna mengambil screenshoot layar. Tentu saja, tool ini juga tersedia pada Windows 7, Windows 8 / 8.1 dan Windows 10 juga.

Dengan Snipping Tool ini Anda bisa menangkap teks, grafik, dan anotasi, kemudian menyimpannya dalam format yang Anda inginkan. Sayangnya, Microsoft sendiri belum menentukan shortcut keyboard default untuk Snipping Tool. Setiap kali ingin menggunakannya, pengguna harus membuka menu Start kemudian mengetikkan nama tool ini untuk menjalankannya. Bukankah akan lebih praktis jika ada hotkey tertentu yang bisa mempercepat proses mengakses Snipping Tool ini? Tenang saja, Anda bisa membuat sendiri keyboard shortcut untuk tool yang satu ini. Berikut ini cara untuk melakukannya.


Cara membuat keyboard shortcut untuk Snipping Tool pada Windows 10

Langkah 1: Jika Anda menggunakan PC Windows 10, langsung masuk ke Start -> All apps -> Windows Accessories, lalu klik kanan pada Snipping Tool, klik More, kemudian klik Open file location untuk membuka folder Windows Accessories.

Langkah 2: Klik kanan pada shortcut Snipping Tool, kemudian klik Properties.

Langkah 3: Pada tab Shortcut, klik pada kolom di samping Shortcut key, kemudian masukkan keyboard shortcut yang ingin Anda gunakan untuk menjalankan Snipping Tool. Perlu diingat, Windows secara otomatis menambahkan Ctrl + Alt di awal shortcut. Jadi, disarankan untuk mengetikkan shortcut seperti Ctrl + Al + S sebagai keyboard shortcut untuk Snipping Tool.

Cara membuat keyboard shortcut untuk Snipping Tool pada Windows 7

Langkah 1: Buka Start -> All programs -> Accessories. Klik kanan pada Snipping Tool, kemudian pilih Properties.

Langkah 2: Pindah ke tab Shortcut. Pilih kotak Shortcut Key, kemudian ketikkan keyboard shortcut yang Anda inginkan untuk menjalankan Snipping Tool ini.

Langkah 3: Sama seperti pada Windows 10, Windows secara otomatis akan menambahkan Ctrl + Alt di awal shortcut. Oleh karena itu, jika Anda memilih huruf S untuk menjadi keyboard shortcut, maka untuk menjalankan tool tersebut Anda harus memencet Ctrl + Alt + S. Tentu saja, Anda bisa memilih huruf lain selain S, namun akan lebih mengingatnya jika Anda menggunakan huruf pertama dari nama Snipping Tool sendiri.

Langkah 4: Klik Apply dan ingat terus keyboard shortcut yang baru Anda buat.

Selamat mencobanya!