Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuat Sabun Mandi Oatmeal Alami yang Aman dan Ramah Lingkungan

[Foto: Shutterstock]
Kalau sudah eksperimen seperti ini, Anda tentu ingat zaman SMA, dimana Anda dan teman-teman selalu girang kalau praktek di laboratorium. Nah, kali ini, Anda bisa melakukan praktek sains sendiri di rumah, yakni membuat sabun mandi alami sendiri yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Anda tentu sudah tahu, sabun yang dibuat di pabrik mengandung banyak bahan kimia yang bisa merugikan, bahkan membahayakan. Nah, salah satu alternatifnya adalah sabun bebas bahan kimia buatan sendiri, yang tentu saja mengandung lebih banyak kebaikan buat kulit dan kesehatan.

Ada dua cara membuat sabun homemade, yakni Metode Cold Process (CP) dan Metode Hot Process (HP). Kali ini kita akan membuat sabun dengan hot process, alias metode pemanasan.

Alat yang dibutuhkan

Panci. Selalu gunakan panci stainless-steel, karena panci dengan aluminium, besi, timah bisa menimbulkan reaksi kimia berbahaya dengan bahan-bahan pembuat sabun. Sediakan dua panci, satu untuk wadah alkali, satunya untuk meramu sabun.

Blender tangan atau pengaduk telur. Pilih yang stainless-steel juga, untuk mencampur semua bahan.


Alat lainnya yang diperlukan, spatula karet atau plastik, timbangan digital, dan cetakan sabun (bisa pakai cetakan apa saja asal berbahan rubber atau kaca, atau stainless steel).

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun mandi alami

Siapkan tiga macam campuran minyak alami, dengan total volume minyak 500 gram:

150 gr (30%) – Minyak Kelapa

150 gr (30%) – Minyak Kelapa Sawit

200 gr (40%) – Minyak Zaitun (Pomace Olive Oil)

145 gr – Air (Deionized / Demineralized / Distilled Water)

72,5 gr – NaOH

Pelengkap: minyak esensial (untuk wanginya, bisa pilih sendiri yang Anda suka, seperti minyak yasmin, almond, cinnamon, rosemary, ylang-ylang, dan sebagainya), oatmeal 500 gram, madu 4 sendok makan. Oatmeal dan madu sangat bagus untuk mengatasi jerawat, melembabkan dan memperhalus kulit karena mengandung banyak antioksidan, protein, dan bersifat anti bakteri.

Cara Membuat

Pakai perlengkapan keamanan: jaket lab atau celemek, kacamata lab, sarung tangan karet.

Tuangkan air ke dalam tempatnya dan timbang sesuai ukuran. Masukkan NaOH sedikit demi sedikit. Air akan mendidih dan beruap. Aduk sampai NaOH larut dan suhu larutan di bawah 40ºC. Penting: selalu masukkan NaOH dalam air, bukan sebaliknya. Jika sebaliknya, akan ada efek meledak yang berbahaya.

Tunggu larutan NaOH dingin. Sementara itu, timbang dan ukur masing-masing minyak, campurkan. Ketika suhu larutan NaOH sudah mencapai sekitar 30-35ºC, tuangkan ke dalam minyak secara perlahan.

Campurkan bahan tambahan, seperti oatmeal, madu, dan minyak essential.

Aduk terus hingga tercampur rata dan mengental. Gunakan hand blender jika ingin lebih cepat.

Tuangkan ke dalam cetakan, tutup dengan kain atau handuk. Diamkan selama 1-2 hari, letakkan di tempat yang aman.

Keluarkan dari cetakan, potong-potong sesuai selera. Angin-anginkan selama 2-4 minggu hingga Ph sabun netral dan tak ada sisa alkali yang tertinggal.

Selamat mencoba!