Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Membuka dan Menyunting File .numbers Pada PC Windows

[Foto: cnet.com]
Jika Anda bekerja dengan menggunakan aplikasi Apple Numbers, maka Anda tahu betapa repotnya ketika Anda harus membuka data Apple Numbers di Microsoft Excel pada PC Windows. Untungnya, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan bantuan dari iCloud. Pada artikel kali ini, saya akan memaparkan cara untuk  membuka dan mengedit file .numbers di Windows.

Apakah itu dokumen .numbers?

Dokumen numbers pada Apple sama dengan dokumn Excel pada Microsoft. Aplikasi Apple Numbers ini sudah tersedia pada setiap perangkat Mac baru dan juga tersedia sebagai unduhan gratis untuk semua pengguna Mac di App Store.

Saat spreadsheet dibuat dalam aplikasi Apple Numbers, aplikasi ini secara otomatis akan menyimpannya dalam format berkas numbers. Format ini cocok jika Anda berniat untuk membagikannya dengan pengguna Mac lainnya. Yang jadi masalah adalah ketika Anda ingin membagikannya pada pengguna Microsoft Excel karena aplikasi tersebut tidak bisa membuka file .numbers secara langsung. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari web app Apple iCloud.


Cara membuka file .numbers pada PC Windows

Untuk menjadikan berkas .numbers Anda bisa dikenali oleh perangkat Windows, pertama-tama Anda harus membukanya di aplikasi Apple Numbers versi iCloud. Ini adalah aplikasi gratis dari Apple yang bisa Anda akses secara online, sama seperti Office online atau Google Documents. Anda memerlukan akun iCloud, namun jika Anda telah menggunakan iTunes, iPhone atau iPad, mungkin Anda sudah memilikinya. iCloud menggunakan ID Apple, jadi jika Anda tidak memilikinya maka Anda harus segera membuat akun gratis. Untuk melakukan ini kunjungi situs Create a Apple ID dan ikuti petunjuk di layar.

Cara Menggunakan iCloud
Setelah Apple ID Anda aktif, kini saatnya untuk membuka file .numbers. Jalankan www.icloud.com lalu masuk dengan Apple ID Anda. Sekarang Anda akan melihat berbagai aplikasi yang tersedia untuk Anda gunakan, termasuk Mail, Calendar, Photos, Notes, Pages, dan yang terpenting … Apple Numbers. Klik dua kali pada ikon Numbers, kemudian klik pada ikon roda gigi di bagian atas layar untuk membuka menu dropdown. Di bagian atas daftar terdapat opsi Upload Spreadsheet. Pilih opsi ini kemudian cari file .numbers yang Anda maksudkan kemudian klik Open.

Menyunting dan berbagi data .numbers

Setelah berkas .numbers Anda terbuka, Anda dapat memilih untuk mengeditnya dalam aplikasi Numbers versi Online, yang mendukung fitur-fitur dasar seperti melihat spreadsheet, atau mengekspornya dalam format yang akan diterima Excel. Untuk membuat file .xlsx, pastikan file .numbers dibuka, lalu buka ikon settings di area kanan atas layar. Klik ini dan menu dropdown akan muncul. Pilih Download Copy dan kemudian pilih Excel dari daftar format file. Sekarang, aplikasi Numbers akan mengubah file menjadi file yang bisa Anda buka dan gunakan di Excel.