Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memindahkan Kontak Dari Perangkat Android ke iOS

[Foto: aptgadget.com]
Ketika baru ganti ponsel, memindahkan kontak merupakan salah satu aktivitas pertama yang biasanya dilakukan. Dulu, itu berarti Anda harus menuliskan kembali kontak pada ponsel lama Anda di ponsel baru satu persatu. Namun, sekarang Anda bisa lebih mudah memindahkan kontak dari ponsel lama ke ponsel baru. Lalu, bagaimana jika Anda ingin memindahkan kontak dari ponsel yang memiliki sistem operasi yang berbeda, misalnya Android ke iOS? Ada empat cara yang bisa Anda gunakan untuk memindahkan kontak dari perangkat Android ke iOS: menggunakan aplikasi Move to iOS dari Apple, menggunakan fitur sinkronisasi dari Google, memindahkan secara manual menggunakan file VCF, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan aplikasi Move to iOS. Ya, Apple memiliki sebuah aplikasi Android yang bertujuan untuk membantu penggunanya memindahkan data dari perangkat Android ke iOS. Anda dapat mengunduh aplikasi resmi dari Apple ini melalui Google Play Store. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memindahkan data-data seperti kontak, galeri, bookmark, pesan, dan lain-lain. Ketika digunakan, ia akan memindahkan data Anda melalui jaringan WiFi privat yang aman. Aplikasi ini mendukung perangkat dengan sistem operasi Android 4.0 ke atas.


Menggunakan fitur sinkronisasi pada Google. Anda pastinya sudah memiliki akun Google yang terpasang pada ponsel Android Anda. Biasanya, Google secara otomatis dan berkala akan mengsinkronisasi kontak Anda dengan server cloud nya. Jika belum, Anda juga bisa mengsinkronisasinya secara manual. Setelah memastikan kontak di perangkat Android Anda telah tersinkronisasi, kini buka perangkat iOS Anda. Pada perangkat iOS Anda, masuk ke dalam menu Settings atau Pengaturan, kemudian buka kategori Mail, Contacts, Calendar. Dari sana, masukkan akun Gmail Anda, lalu pastikan boks yang bertuliskan Contacts diberi tanda centang.

Memindahkan secara manual dengan file VCF. Memindahkan kontak dengan cloud memang sedikit ribet, apalagi bagi yang tidak terbiasa menggunakannya. Tapi, masih ada cara manual yang bisa dicoba. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Contact pada perangkat Android Anda.
  2. Buka ikon menu yang bergambar tiga titik, kemudian pilih opsi Import/export.
  3. Ketuk opsi Export to storage. Hal ini akan secara otomatis membuat data VCF dan menyimpannya pada ponsel Anda.
  4. Kirimkan data ini melalui email atau ke perangkat iOS Anda.
  5. Buka file tersebut pada perangkat iOS, kemudian sistem iOS akan menunjukkan kotak dialog untuk Add all contact alias menambahkan semua kontak pada data VCF.
  6. Kontak Anda pun berhasil dipindahkan.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda merasa cara-cara di atas masih relatif sulit untuk dilakukan, gunakan aplikasi pihak ketika yang bisa mempermudah proses tersebut. Misalnya aplikasi Copy My Data atau My Contacts Backup.