Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memperbaiki Aplikasi Photos yang Lemot ketika Dibuka Pada Windows 10

[Gambar: pcmag.com]
Pada Windows 10, Microsoft mengganti program Windows Photos Viewer yang lama dengan aplikasi Photos. Aplikasi ini berfungsi sebagai Photo Viewer atau aplikasi untuk membuka file gambar. Secara default, aplikasi ini lah yang menjadi aplikasi utama untuk membuka foto atau gambar pada Windows 10. Sayangnya, terkadang ada pengguna yang mengatakan bahwa aplikasi Photos ini cukup lama ketika dibuka. Bahkan aplikasi ini memakan waktu rata-rata 5 sampai 10 detik untuk membuka sebuah foto pada aplikasi foto.

Jika Anda merasa terganggu dengan aplikasi Photos yang lama terbuka atau tidak bisa terbuka, Anda bisa mencoba solusi di bawah untuk memperbaiki masalah ini.

 

Mereset Aplikasi Photos


Pengguna yang menjalankan Anniversary Build Windows 10 (versi 1607) ke atas dapat mereset aplikasi tersebut. Berikut ini cara mudah untuk mereset aplikasi Photos.

Langkah 1: Buka Settings -> Apps -> Apps & features. Jika Anda tidak bisa melihat kategori Apps pada Settings, silahkan masuk ke System -> Apps & features.

Langkah 2: Temukan entri aplikasi Photos. Klik pada aplikasi Photos untuk melihat tautan Advanced options. Klik tautan tersebut untuk membuka halaman  Storage usage and app reset.

Langkah 3: Klik tombol Reset. Selanjutnya, klik lagi tombol Reset saat muncul kotak konfirmasi untuk mereset aplikasi Photos. Sekarang, coba buka lagi aplikasi Photos pada PC Windows 10 Anda. Idealnya, aplikasi Photos Anda langsung berjalan dengan cepat setelah direset.

Jika mereset aplikasi Photos sama sekali tidak membuat perubahan pada performa aplikasi Photos Anda, ikuti metode-metode lain seperti menginstall ulang aplikasi Photos, mengaktifkan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi foto default Anda, atau menggunakan aplikasi Photo Viewer pihak ketiga. Anda bisa menemukan banyak tersedia aplikasi Photo Viewer gratis di Internet. Beberapa di antaranya adalah software IrfanView atau LightGallery.