Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memperbaiki Setelan Tingkat Cahaya yang Tidak Aktif pada Windows 10  

[Gambar: gadgethacks.com]
Laptop pada umumnya memiliki keyboard shortcut sendiri untuk mengatur setelan layar atau tingkat kecerahan layar. Pada komputer, Anda biasanya akan menemukan tombol tersebut di sisi kiri atau kanan panel monitor tersebut. Terkadang, kalau Anda baru saja meng-upgrade Windows 10 atau menginstall ulang Windows 10, Anda akan melihat bahwa pengaturan tingkat cahaya pada keyboard atau Control Panel tidak berfungsi dengan semestinya. Pada umumnya, hal ini terjadi karena ada kesalahan atau driver graphic nya tidak up-to-date. Bisa juga ini terjadi karena Anda belum menginstall graphics driver pada PC Windows 10 Anda.

Dengan pengaturan default, Windows 10  secara otomatis akan mengunduh dan memperbaharui graphic dan driver software lainnya yang tidak kalah penting. Oleh karena itu, pada umumnya pengguna Windows 10 tidak perlu mengupdate secara manual driver software yang dimaksud. Namun, jika pengguna tersebut menonaktifkan fitur pembaharuan driver di Windows 10 secara otomatis harus menginstallnya secara manual dengan rutin.

Jika Anda tidak bisa mengatur tingkat cahaya pada Windows 10, coba lakukan metode-metode di bawah ini untuk mengatasi masalahnya.

Metode 1

Meng-update driver grafis dengan menggunakan Device Manager

Langkah 1: Jalankan Device Manager. Anda bisa menjalankannya dengan cara klik kanan pada tombol Start kemudian klik menu Device Manager. Anda juga bisa membukanya dengan mengetikkan Device Manager pada kolom pencarian pada Start menu, diikuti dengan menekan tombol Enter.


Langkah 2: Setelah menjalankan Device Manager, buka daftar Display Adapters untuk melihat kartu grafis yang digunakan pada PC Windows 10 Anda.

Langkah 3: Klik kanan pada entri kartu grafis yang digunakan, kemudian klik Update Driver Software untuk membuka Update Driver Software wizard.

Langkah 4: Di sini, klik opsi pertama yang bertuliskan Search automatically for updated driver software agar Windows 10 Anda bisa secara otomatis mencari secara online versi terbaru dari driver tersebut. Jika tersedia versi terbaru dari graphic driver tersebut, Windows 10 akan secara otomatis mengunduh dan menginstall driver tersebut.

Langkah 5: Setelah selesai di-update, langsung reboot PC Windows 10 Anda.

Metode 2

Meng-update driver video melalui Device Manager

Langkah 1: Jalankan Device Manager dengan mengklik kanan tombol Start, kemudian tekan opsi Device Manager.

Langkah 2: Buka Display Adapters untuk melihat nama dan nomor kartu grafis yang Anda gunakan.

Langkah 3: Klik kanan pada nama kartu grafis, kemudian klik Update Driver Software.

Langkah 4: Klik opsi Browse my computer for driver software.

Langkah 5: Selanjutnya, klik pada opsi Let me pick from a list of device drivers on my computer.

Langkah 6: Pilih nama kartu grafis Anda, kemudian klik tombol Next. Setelah selesai proses update driver, Anda akan melihat pesan “Windows has successfully updated your driver software”. Lalu klik tombol close.

Metode 3

Meng-update driver software secara manual

Langkah 1: Mengunduh driver grafis versi terbaru dari website resmi PC atau kartu grafis yang Anda gunakan. Jika Anda tidak yakin denga driver grafis yang digunakan, Anda bisa mengeceknya pada Device Menager. Saat mengunduh driver, pastikan Anda memilih driver yang sesuai dengan perangkat Anda. Misalnya, pastikan Anda mengunduh driver 32-bit dan bukan 64-bit jika PC Anda menggunakan 32-bit.

Langkah 2: Klik kanan pada data setup yang sudah diunduh, lalu ikuti instruksi yang diberikan.

Langkah 3: Restart PC Windows Anda jika diminta.