Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Memperbaiki Tampilan Layar Komputer Menyamping atau Terbalik pada Windows

[Foto: Shutterstock]
Tampilan layar pada PC desktop Windows atau laptop Anda tiba-tiba menyamping atau terbalik dan Anda tidak tahu harus berbuat apa. Jangan panik, Anda tidak perlu menjulurkan leher atau secara fisik membalik monitor Anda. Ini adalah situasi yang jauh lebih umum daripada yang mungkin Anda pikirkan, dan biasanya dapat diselesaikan hanya dengan beberapa klik mouse.

“Keanehan” yang terjadi pada layar monitor Anda kemungkinan disebabkan ketika Anda secara tidak sengaja menekan tombol yang salah, salah menyesuaikan pengaturan tampilan atau menghubungkan monitor eksternal atau perangkat pandang lainnya.

Berikut adalah cara memperbaiki layar menyamping atau terbalik pada Windows 7, 8, dan 10.

Keyboard Shortcuts

Dalam beberapa skenario, shortcut pada keyboard dapat digunakan untuk memutar layar Anda. Namun ketersediaan shortcut ini bergantung pada beberapa faktor, seperti video card apa yang ada di sistem Anda dan juga perangkat lunak apa yang telah Anda pasang. Mungkin juga konfigurasi khusus pada PC Anda memungkinkan kombinasi hotkey untuk memutar balik display layar, namun hotkeys ini perlu diaktifkan secara manual sebelum bisa digunakan. Sebaiknya Anda mencoba mengatasinya dengan shortcut pada keyboard terlebih dahulu, karena cukup cepat dan mudah, dan bisa berguna jika Anda menghadapi masalah ini lagi di masa mendatang.

Kombinasi shortcut pada keyboard yang paling umum untuk memutar layar Anda adalah sebagai berikut: CTRL + ALT + Panah Atas, CTRL + ALT + Panah Bawah, CTRL + Alt + Panah Kiri, CTRL + Alt + Panah Kanan.

Jika menekan tombol ini secara bersamaan sepertinya tidak berpengaruh, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa shortcut telah diaktifkan dengan kartu grafis yang ada pada PC, atau Anda bisa mencoba metode lainnya untuk menyelesaikan masalah ini.

Untuk mengaktifkan atau mematikan hotkeys, klik kanan di ruang kosong di desktop Anda. Sebuah menu akan muncul berisi beberapa pilihan. Bergantung pada pengaturan Anda, Anda mungkin melihat opsi berlabel “Graphic Settings” atau yang serupa, di mana Anda seharusnya bisa mengatur aktivasi hotkey. Namun bahwa opsi ini hanya tersedia pada perangkat keras tertentu saja.


Display Orientation Settings

Jika metode keyboard shortcut tidak memperbaiki masalah Anda, ubah orientasi tampilan Anda melalui antarmuka pengaturan Windows.

Windows 10

  • Klik kanan pada ruang kosong di manapun di desktop Anda.
  • Saat menu konteks muncul, pilih opsi Display Settings.
  • Setelan tampilan Anda sekarang harus terlihat di jendela baru. Jika Anda tidak dapat mengklik kanan dengan mouse Anda untuk beberapa alasan, cara lain untuk mengakses antarmuka ini adalah memasukkan teks berikut ke dalam Windows 10 Cortana atau search bar dan pilih: display settings.
  • Pilih Landscape dari menu drop-down berlabel Orientation.
  • Klik pada tombol Apply, yang seharusnya langsung memutar tampilan Anda.
  • Dialog box biru dan putih sekarang akan muncul, menanyakan apakah Anda ingin mempertahankan orientasi layar baru Anda atau kembali ke tampilan sebelumnya. Jika Anda puas dengan tampilan yang diperbarui, klik tombol Keep Changes. Jika tidak, pilih Revert atau diamkan saja hingga 15 detik.

Windows 8

  • Klik pada tombol Windows, di pojok kiri bawah layar.
  • Saat menu pop-out muncul, pilih opsi Control Panel.
  • Setelah antarmuka Control Panel muncul klik pada Adjust Screen Resolution, yang terletak di bagian Appearance and Personalization.
  • Change the appearance of your display” (ubah tampilan layar) seharusnya terlihat pada tahap ini. Klik pada menu drop-down Orientation dan pilih opsi Landscape.
  • Selanjutnya, klik Apply untuk segera menerapkan perubahan ini.
  • Akan muncul dialog box dengan dua tombol, yang meminta Anda untuk memilih apakah Anda ingin orientasi layar baru tetap aktif. Untuk melakukannya, klik Keep changes. Untuk kembali ke setting sebelumnya, tunggu 15 detik atau pilih tombol Revert.

Windows 7

  • Klik pada tombol menu Windows, yang terletak di sudut kiri bawah layar.
  • Saat menu pop-out muncul, pilih Control Panel.
  • Antarmuka Control Panel sekarang terbuka, lalu klik pada link Adjust Screen Resolution, yang terletak di sisi kanan jendela di bawah judul Appearance and Personalalization.
  • Layar baru dengan header berikut sekarang harus terlihat: “Change the appearance of your display.” (ubah tampilan layar). Pilih Landscape dari menu drop-down Orientation.
  • Klik pada tombol Apply, yang seharusnya membuat tampilan layar PC Anda diputar sesuai permintaan.
  • Dialog Display Settings kecil akan muncul. Jika Anda ingin mempertahankan tampilan yang baru diputar, pilih Keep Changes. Jika tidak, klik tombol Revert atau tunggu 15 detik agar sistem membalikkan dirinya secara otomatis.