Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menambahkan Signature pada Akun Gmail Melalui Desktop dan Aplikasi Mobile

[Gambar: Screenshoot Gmail]
Ketika tengah berkorespondensi melalui surel atau surat elektronik, mungkin Anda sering melihat signature yang terletak di bagian akhir surat. Signature dalam konteks ini bukan berarti tanda tangan secara harfiah, melainkan sebuah informasi singkat mengenai orang yang mengirimkan surat elektronik tersebut. Biasanya, signature ini berisikan nama Anda, website, perusahaan, nomor telepon, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan signature ini untuk membagikan informasi kontak serta mempromosikan diri Anda sendiri dan bisnis Anda secara padat dan singkat. Anda sebagai pengguna Gmail bisa dengan mudah menambahkan signature kepada akun surel Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk menambahkan signature pada akun Gmail Anda, baik melalui desktop ataupun perangkat mobile Anda.

Menambahkan signature Gmail melalui desktop


  • Buka situs Gmail (https://mail.google.com) melalui browser web yang Anda gunakan, kemudian log in ke dalam akun Gmail Anda.
[Gambar: Screenshoot Gmail]
  • Klik ikon Settings pada toolbar Gmail akun Gmail Anda. Ikonnya sendiri terletak di sisi kanan atas, tepat di bawah foto profil akun Gmail Anda. Kemudian pilih Settings dari menu yang muncul.
  • Selanjutnya masuk ke dalam tab General.
  • Pada kolom Signaturemasukkan informasi yang ingin Anda cantumkan pada signature Anda.
    • Sebaiknya isi signature tidak melebih 5 baris. Terlalu banyak informasi juga tidak baik dan bisa membuat pembaca tidak bisa fokus pada informasi yang benar-benar penting.
    • Manfaatkan formatting bar untuk menambahkan gambar atau mem-format tampilan teks (mis. tulisan bolditalic, atau underline).
    • Anda mencantumkan gambar dari Google Drive, pastikan Anda telah mengaturnya agar bisa dilihat oleh publik/umum untuk mencegah gambar yang tidak muncul.
  • Jika Anda ingin Gmail secara otomatis memasukkan signature Anda tepat setelah pesan Anda dan berada di atas pesan awal di surel jawaban, jangan lupa beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Insert this signature before quoted text in replies and remove the “–” line that precedes it.” di bawah kotak editor signature.
  • Setelah selesai, klik Save changes untuk menyimpan signature Anda. Jika kelak Anda berubah pikiran dan memutuskan untuk tidak menggunakan signature pada surel Anda, cukup klik pada opsi No Signature yang ada di atas kotak editor signature, lalu klik tombol Save changes.

Menambahkan signature Gmail melalui aplikasi mobile

Jika Anda menggunakan Gmail melalui aplikasi mobile-nya, besar kemungkinan signature yang telah Anda tambahkan melalui browser tidak akan muncul saat Anda mengirimkan pesan. Oleh karena itu, Anda juga harus membuat signature khusus untuk kebutuhan mobile. Ini dia cara untuk menambahkan signature Gmail melalui aplikasi mobile.

  • Buka aplikasi Gmail.
  • Buka ikon menu di pojok kiri atas layar, kemudian pilih Settings.
  • Pilih akun yang ingin Anda tambahkan signature.
  • Ketuk pilihan SignatureKemudian akan muncul sebuah kotak yang memungkinkan Anda untuk menuliskan signature Anda. Berbeda dengan versi web, di sini Anda tidak bisa melakukan formatting pada teks atau menambahkan gambar. Semuanya berupa plain text saja. Jika sudah, piih OK dan secara otomatis pengaturan Anda akan tersimpan.