Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mencari Data-Data Berukuran Besar dengan Menggunakan File Explorer pada PC Windows 10

[Gambar: softonic.com]
Apakah kapasitas penyimpanan pada PC Windows 10 Anda sudah semakin menipis? Apakah Anda ingin melihat data-data yang memakan kapasitas paling besar? Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada software pihak ketiga. Pada artikel ini, kita akan melihat cara untuk menggunakan File Explorer di Windows 10 untuk mencari file berukuran besar dengan cepat.

Mencari file berukuran besar di Windows 10 dengan menggunakan File Explorer

Hanya ada sedikit tool gratis yang bisa digunakan untuk melakukan analisa data pada Windows 10 dan mencari tahu data apa yang menghabiskan memori hard disk Anda. Tapi, daripada susah-susah menggunakan software pihak ketiga, Anda sebenarnya bisa menggunakan fitur pencarian bawaan dari File Explorer di Windows 10. Fitur pencarian File Explorer di Windows 10 memiliki advanced filter untuk mempermudah Anda mencari data yang dibutuhkan. Fitur ini dapat ditemukan di bawah tab Search pada File Explorer.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur ini juga bisa digunakan untuk mencari data-data yang berukuran besar. Bahkan, Anda bisa mencari data dengan berbagai ukuran pada fitur pencarian yang ada. Misalnya. Anda bisa menemukan semua file yang berukuran di atas 1 GB atau 2 GB. Berikut ini cara untuk melakukannya.


Cara menggunakan File Explorer untuk mencari file berukuran besar di Windows 10

Langkah 1: Jalankan File Explorer. Buka drive atau folder dengan file berukuran besar yang ingin Anda filter.

Langkah 2: Klik kolom pencarian untuk melihat tab Search.

Langkah 3: Klik tab Search untuk melihat pengaturan dan opsi yang berhubungan dengan fitur pencarian.

Langkah 4: Lalu, klik Size dan pilih salah satu filter yang Anda inginkan. Tersedia tujuh pilihan filter, yaitu: (0 KB), Tiny (0-10 B), Small (10-100 KB), Medium (100 KB – 1 MB), Large (1-16 MB), Huge (16- 128 MB), dan Gigantic (>128 MB). Jika Anda melihat filter Gigantic, maka File Explorer secara otomatis akan mencari semua data yang berukuran lebih dari 128 MB.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin mencari data yang berukuran lebih besar dari 500 MB? Mudah saja. Pada kolom pencarian, ketikkan >500MB untuk melihat data yang lebih besar dari 500 MB. Jika Anda ingin mencari data-data yang berukuran di atas 1 GB, Anda hanya perlu mengetikkan >1GB pada kolom pencarian. Sementara itu, jika Anda ingin mencari data yang berukuran lebih dari 1 GB tapi kurang dari 3 GB, Anda bisa mengetikkan size:>1GB<3GB pada kolom pencarian. Tentu saja Anda masih bisa mengganti angka-angka ini. Selamat mencobanya!