Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mencegah Windows 10 Agar Tidak Sembarangan Menginstall Aplikasi di Luar Windows Store

Ingin meningkatkan keamanan PC Windows 10 Anda dengan cara mencegah proses instalasi aplikasi dari sumber di luar Windows Store? Apakah Anda ingin menonaktifkan opsi untuk menginstall software yang didapat dari web pada PC Windows 10 Anda? Sekarang Anda bisa mencegah agar PC Anda tidak melakukan instalasi aplikasi yang didapat di luar Store Windows 10.

Pada Windows 10 Creators Update (build 15031 ke atas), ada sebuah fitur baru pada Settings untuk membantu pengguna mencegah Windows menginstal aplikasi yang didapat dari luar Windows 10 Store. Menurut Microsoft, menginstal aplikasi dari Store resmi akan melindungi dan menjaga PC Windows 10 agar bisa berfungsi dengan lancar.

Tentu saja, ini merupakan fitur yang sangat berguna dan dapat meningkatkan keamanan PC Windows 10  Anda. Ketika diaktifkan, fitur ini bisa mencegah junkware atau software asing yang bisa membahayakan atau merusak PC Anda tanpa sepengetahuan Anda.

 

Mencegah instalasi aplikasi dari luar Windows 10 Store


Pada Windows 10 Creators Update, jika Anda masuk ke Settings -> Apps -> Apps & features, Anda akan melihat opsi instalasi. Di sini, Anda bisa memilih satu dari tiga opsi:

  • Allow apps from anywhere
  • Warn me before installing apps from outside the Store
  • Allow apps from the Store only

Seperti namanya, opsi pertama (Allow apps from anywhere) yang telah diaktifkan secara default ini memungkinkan Anda untuk menginstall software apapun yang kompatibel dengan Windows 10 dan didapat dari internet.

Jika Anda memilih opsi kedua, yaitu opsi Warn me before installing apps from outside the Store, maka Windows 10 akan menampilkan kotak peringatan dengan pesan “The app you are installing is not from the Windows Store”  ketika Anda akan menginstall program yang didapat dari internet. Anda bisa mengklik tombol Install anyway untuk tetap menginstall program tersebut.

Sementara itu, jika Anda memilih opsi Allow apps from the Store only, maka Windows 10 sama sekali tidak akan menginstall software yang didapat dari luar Windows Store. Jika Anda mencoba untuk menginstall software yang diunduh dari luar Windows Store, maka Anda akan melihat pesan error “You can only install apps from the Windows Store”.

Kemudian, Anda juga akan diarahkan ke Windows 10 Store jika tersedia alternatif untuk program yang Anda coba install terdapat di Store. Misalnya, jika Anda mencoba untuk mengunduh program desktop WinRAR, maka Windows 10 akan merekomendasikan aplikasi 8 Zip Lite atau aplikasi serupa yang ada di Windows 10 Store.