Home  »  News   »  
News

Cara Mendapatkan Android O Beta dan Memasangnya di Smartphone Anda

[Foto: YouTube]
Android O beta yang dirilis untuk publik —juga dikenal sebagai Android O Developer Preview 2— kini tersedia untuk diunduh dari Google. OS ini dikemas dengan fitur baru notification dots pada ikon aplikasi, isi ulang otomatis Chrome di seluruh aplikasi, smart text, dan keuntungan berupa penghematan baterai yang lebih baik, dengan adanya manajemen memori dan background process.

Menurut pengamatan para ahli, ada beberapa keunggulan pada versi Android O, yakni kontrol notifikasi yang baik, autofill pada aplikasi, mendukung komunikasi antar perangkat via Wi-Fi tanpa jaringan Wi-Fi, tampilan dan warna yang disempurnakan, peningkatan fitur audio, hingga smart icons. Namun OS ini juga punya kekurangan, yakni tak adanya integrasi dengan Google Assistant, tidak ada komponen tentpole, dan tak adanya dukungan VR atau AR.

Haruskah saya mencoba Android O Beta?

Mencoba Android O Beta memang kedengarannya menggoda, tapi Anda juga harus siap jika ada beberapa bug. Ingat bahwa sistem operasi ini masih beta. OS ini mungkin tidak kompatibel 100 persen dengan semua aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan, misalnya. Android Pay juga tidak bekerja di versi beta. Jika Anda tidak memerlukan Android Pay, sebaiknya coba saja, namun Anda tetap bisa kembali ke versi Android sebelumnya jika ingin.

Baca Juga:  Lukisan Berusia 5.000 Tahun Gambarkan Peristiwa Melahirkan Tertua

Ponsel apa yang saya butuhkan?

Anda memerlukan ponsel Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel, atau Pixel XL untuk menjalankan Android O. Untuk tablet, OS ini beroperasi di Nexus Player dan Pixel C. Seiring waktu, pengembang mungkin bisa membuat versi Android O beta untuk perangkat lain.

OS akan dibangun di luar Google, menggunakan alat yang berbeda, dan akan lebih berisiko untuk memasangnya di ponsel. Ponsel Anda mungkin akan kehilangan beberapa aplikasi, atau terblokir. Jika Anda tertarik untuk mencoba, tengoklah ke forum Pengembang XDA untuk mendapat informasi lebih mengenai perangkat Anda.

Bagaimana cara mengunduh Android O beta?

Cara termudah untuk mendownload Android O Beta adalah bergabung dengan program official over the air beta (OTA). Buka google.com/android/beta, masuk dengan akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan di perangkat Nexus atau Piksel Anda, dan beri tanda pada perangkat untuk menerima versi beta. Pembaruan akan tiba dalam waktu 24 jam, dan Anda harus secara otomatis mendapatkan update dalam program beta.

Baca Juga:  WikiLeaks Bocorkan Serangkaian Email Pribadi Barack Obama

Mengunduh beta O melalui program OTA tidak akan menghapus isi perangkat Anda, jadi itulah cara terbaik untuk melakukannya.

Anda juga dapat mengunduh ROM ke telepon Anda menggunakan PC dan kabel. Anda tidak akan menerima pembaruan tambahan seperti itu—Anda harus memasang pembaruan secara manual— dan mem-flash perangkat Anda akan menghapusnya. Anda dapat menemukan file di sini dan petunjuk flash di sini serta informasi tentang memasang gambar O Android. Hal ini memerlukan menginstal kit pengembang perangkat lunak Android di PC Anda dan merasa nyaman dengan alat baris perintah.

Bahkan jika Anda memilih program beta OTA, ada baiknya mendownload SDK dan membiasakan diri dengan metode flash karena Anda harus menggunakannya jika Anda ingin kembali ke Android Nougat suatu saat nanti.