Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mendapatkan Fitur Dynamic Lock pada PC Windows 7 / 8

[Foto: windowsreport.com]
Sejak hadirnya Windows 10 Creators Update, Microsoft telah menghadirkan sebuah fitur baru bernama Dynamic Lock bagi penggunanya. Bagi Anda yang belum familiar dengan fitur ini, Dynamic Lock adalah sebuah fitur yang memungkinan Anda untuk menyetel agar PC Windows 10 Anda terkunci secara otomatis ketika Anda menjauh dari PC tersebut.

Pada fitur ini, pengguna harus memasangkan (pair) ponsel dengan PC Windows 10 Anda melalui Bluetooth. Lalu, jika Anda mengaktifkan Dynamic Lock, PC pun akan secara otomatis jika ia tidak bisa mendeteksi ponsel dengan Bluetooth (yang sebelumnya telah dipasangkan dengan PC Anda) selama lebih dari 30 detik. Perlu dicatat, fitur Dynamic Lock ini  bukanlah alternatif dari shortcut keyboard Windows + L yang bisa digunakan untuk secara langsung mengunci PC Windows Anda. Fitur Dynamic Lock ini lebih ditujukan bagi pengguna yang sering lupa mengunci PC mereka saat mereka menjauhi PC mereka. Apakah Anda termasuk salah satunya?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur ini merupakan bagian dari Windows 10 Creators Update (15031 ke atas). Selain tidak tersedia bagi pengguna Windows 10 yang menggunakan sistem operasi yang di bawah itu,  tentu saja fitur ini juga tidak bisa ditemukan pada sistem operasi Windows 8 / 8.1 maupun Windows 7.

Menggunakan program pihak ketiga untuk menghadirkan fitur mirip Dynamic Lock pada Windows 7 dan 8

Jika Anda sampai sekarang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 maupun Windows 8, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati dan menggunakan fitur semacam ini. Ya, pengguna Windows 7 dan Windows 8 / 8.1 dapat menggunakan tool gratis bernama Blue Lock untuk mendapatkan fitur yang serupa dengan fitur Dynamic Lock Windows 10 pada PC Windows 7 dan Windows8 / 8.1. Sebenarnya, tool Blue Lock ini telah diluncurkan hampir satu dekade yang lalu. Jadi, mungkin saja fitur Dynamic Lock ini pada awalnya terinspirasi oleh peranti lunak Blue Lock yang sudah ada sebelumnya.

Sama seperti Dynamic Lock, tool Blue Lock ini menggunakan ponsel yang telah dipasangkan melalui Bluetooth pada PC agar ia secara otomatis mengunci PC Windows 7 / 8 Anda jika Anda menjauh dari PC tersbut. Anda hanya perlu memasangkan ponsel dengan PC Anda untuk mulai menggunakan program Blue Lock. Menggunakan Blue Lock untuk mengunci PC Anda secara otomatis saat Anda menjauh dari PC Anda sangatlah mudah. Install tool Blue Lock pada PC Anda, pasangkan telepon Anda ke PC Windows melalui Bluetooth, kemudian konfigurasikan Blue Lock. Setelah meluncurkan Blue Lock, Anda hanya perlu memilih ponsel  yang telah Anda pasangkan melalui Bluetooth. Anda juga bisa menyetel pengaturan waktu timeout pada fitur ini.

Berhubung tool Blue Lock tidak lagi tersedia pada halam website pengembangnya, maka Anda harus mengunduhnya melalui Softpedia pada tautan ini.