Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menempatkan Shortcut Google, YouTube, dan Gmail pada Taskbar Windows 10

[Gambar: groovypost.com]
Google search, YouTube, dan Gmail bisa dibilang merupakan beberapa website yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Milyaran pengguna PC maupun smartphone kerap kali mengunjungi website ini setiap harinya dan menghabiskan banyak waktu di website tersebut. Anda juga mungkin merupakan salah satu orang yang sering membuka ketiga website tersebut.  Jika Anda juga sering membuka ketiga website tersebut, maka ada baiknya jika Anda menempatkan Google, YouTube, dan Gmail pada taskbar Windows 10 agar ketiga website tersebut lebih mudah untuk diakses.

Menempatkan website pada taskbar Windows 10 sebenarnya semudah menempatkan program pada taskbar. Anda bisa menggunakan browser Edge atau browser lain seperti Chrome untuk menempatkan ketiga website tersebut pada taskbar Windows 10. Jika Anda sudah menempatkan website tersebut pada taskbar, Anda hanya perlu mengklik ikon yang ada untuk membuka website yang bersangkutan. Website akan terbuka pada browser yang Anda gunakan sebelumnya untuk menempatkan shortcut ikon tersebut.


Cara menggunakan browser Edge untuk menempatkan Google, Youtube, dan Gmail ke taskbar Windows 10 

Baca Juga:  Google Diam-Diam Mengembangkan Sistem Operasi Terbarunya, Fuchsia

Langkah 1: Buka website YouTube, Google, dan Gmail pada browser Edge Anda. Jika Anda ingin menempatkan satu atau lebih website ini pada taskbar, buka semua website yang bersangkutan.

Langkah 2: Masuk ke dalam tab yang membuka halaman YouTube.

Langkah 3: Klik ikon More -> Pin this page to the taskbar untuk menempatkan website yang dibuka pada taskbar Windows 10 Anda.

Ulangi kedua langka di atas (langkah 2 dan 3) pada website lainnya (Gmail dan Google) yang ingin Anda tempatkan pada taskbar. Anda juga bisa menggunakan metode ini untuk menempatkan video atau halaman website lain ke dalam taskbar Windows 10.

Cara menggunakan browser Chrome untuk menempatkan Google, Youtube, dan Gmail ke taskbar Windows 10 

Langkah 1: Buka halaman website YouTube pada browser Chrome.

Langkah 2: Klik ikon menu (ikon tiga titik), klik More tools, kemudian pilih opsi Add to desktop. 

Harap dicatat, jika Anda diberikan opsi Add to taskbar, maka klik pada opsi tersebut, beri nama website, kemudian klik Add button untuk menempatkan shortcut pada taskbar.

Langkah 3: Beri nama untuk website tersebut (YouTube atau lainnya), kemudian klik Add button untuk membuat shortcut YouTube pada desktop.

Langkah 4: Langkah terakhir adalah menarik (drag and drop) shortcut YouTube dari desktop ke dalam taskbar untuk menempatkannya di sana. Ulangi langkah-langkah serupa terhadap wesbite yang berbeda. Selesai!

Baca Juga:  Tidak Bisa Menemukan Ikon Bluetooth pada Windows 10? Ini Cara Mengatasinya