Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan fitur Files On-Demand pada PC Windows 10

[Gambar: softpedia.com]
Ada yang tahu fitur OneDrive yang namanya Files On-Demand? Fitur yang tersedia pada Windows 10 ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses data-data pada akun OneDrive Anda tanpa harus mengunduhnya ke dalam PC Anda. Ini merupakan sebuah fitur yang sangat berguna terutama untuk pengguna dengan kapasitas memori PC yang terbatas. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat semua data OneDrive pada File Explorer (folder OneDrive) tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Perlu dicatat, data yang online-only atau data OneDrive yang tidak memakan tempat pada PC Anda tidak akan bisa diakses tanpa ada koneksi internet. Lalu, bagaimana cara membedakan sebuah data yang online-only? Perbedaannya dapat dilihat pada ikon data online-only yang menampilkan gambar cloud, tidak seperti ikon data yang biasa.


Jika Anda membuka sebuah data online-only dengan cara mengklik dua kali pada data tersebut, data online-only itu secara otomatis akan terunduh ke PC Anda. Sehingga, data online-only tersebut pun berubah menjadi data yang locally-available. Ini artinya Anda bisa membuka atau menyunting data locally-available ketika PC Anda sedang offline. Jika Anda ingin membebaskan ruang pada memori PC Anda, Anda bisa membuat data locally-available menjadi data online-only dengan cara klik kanan kemudian pilih opsi Free up space. Tentu saja, data yang tersimpan di cloud adalah data versi terbaru pada PC Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang akan terjadi jika Anda menghapus sebuah data? Harap ingat, jika Anda menghapus data online-only dari perangkat Anda, maka data tersebut secara otomatis akan terhapus dari seluruh perangkat Anda. Jika Anda ingin mengembalikan data yang sudah dihapus itu, Anda bisa mengembalikannya melalui recycle bin OneDrive selama belum melewati waktu 30 hari. Jika Anda menghapus data yang locally available, maka ia akan muncul di recyclen bin OneDrive Anda serta recycle bin Windows.

Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Files On-Demand OneDrive pada Windows 10

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Files On-Demand pada Windows 10.

Langkah 1: Klik kanan pada ikon OneDrive yang ada di notification area di taskbar, kemudian klik opsi Settings. Jika Anda tidak melihat ikon OneDrive, klik ikon panah pada taskbar untuk melihat ikon yang tersembunyi.

Langkah 2: Pada kotak dialog Microsoft OneDrive, buka tab Settings.

Langkah 3: Lalu, pilih opsi Save space and download files as you use them. Klik tombol OK untuk mengaktifkan fitur Files On-Demand feature pada PC Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, hilangkan tanda centang pada opsi tersebut.