Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Game Mode pada Aplikasi Tertentu di PC Windows 10

[Foto: megagames.com]
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Creators Update untuk Windows 10 menghadirkan begitu banyak fitur-fitur baru. Salah satunya adalah Game Mode. Fitur Game Mode pada dasarnya bertujuan untuk memastikan agar Anda mendapatkan performa terbauk ketikas sedang bermain game di PC Windows 10 Anda. Jadi, ketika Anda mengaktifkan Game Mode pada sebuah permainan, Windows 10 akan menempatkan game tersebut sebagai prioritas utama demi meningkatkan performa dan kualitas permainan. Di sisi lain, sistem Windows 10 tidak akan memprioritas program yang berjalan di balik layar atau program lain selain game tersebut.

Tapi, Anda sebenarnya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Game Mode ini dan Game Bar ini dengan cara membuka Settings -> Game -> Game Mode. Namun, Anda tidak akan bisa menemukan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Game Mode untuk tiap aplikasi individual. Misalnya, jika Anda memainkan game yang membutuhkan resources sistem yang rendah, Anda dapat menonaktifkan Game Mode untuk permainan tertentu. Begitu juga sebaliknya. Anda bisa mengaktifkan Game Mode hanya untuk game-game yang memakan banyak resources.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Game Mode pada aplikasi tertentu di PC Windows 10


Dalam artikel ini, Anda akan melihat bagaimana caranya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Game Mode pada permainan tertentu di PC Windows 10. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda menggunakan Windows 10 versi 1703 ke atas untuk mengaktifkan dan menggunakan Game Mode pada sistem Windows Anda. Untuk memeriksa versi PC Anda, silahkan ketik Winver.exe pada kotak pencarian di menu Start / taskbar lalu tekan tombol Enter.

Langkah 1: Buka permainan atau aplikasi yang ingin Anda aktifkan atau nonaktifkan Game Mode-nya.

Langkah 2: Saat permainan / aplikasi tersebut dijalankan, tekan tombol logo Windows + G  secara bersamaan untuk menampilkan Game Bar. Ingat, secara default logo Windows + G adalah shortcut keyboard untuk membuka Game Bar. Jika Anda telah mengubah / mengotak-ngatik shortcut untuk Game Bar, gunakan shortcut yang terbaru. Setelah itu, jika Anda melihat kotak dialog dengan pesan “Do you want to open the Game bar?“, Pilih opsi Yes untuk membuka Game Bar.

CATATAN: Jika Game Bar tidak bisa terbuka, ada kemungkinan opsi Game Bar memang dinonaktifkan pada Settings atau Pengaturan. Untuk mengaktifkannya, masuk ke aplikasi Settings -> Gaming -> Game bar. Kemudian, aktifkan opsi yang bertuliskan Record game clips, screenshots, and broadcast using Game bar. Setelah mengaktifkan, Anda bisa mencoba lagi untuk membuka Game Bar seperti cara yang telah dipaparkan di atas.

Langkah 3: Klik ikon Settings untuk membuka pengaturan pada Game bar.

Langkah 4: Di bawah tab General, beri tanda centang pada opsi Use game mode for this game untuk mengaktifkan Game Mode pada aplikasi / game yang dipilih. Anda juga bisa menghilangkan tanda centang pada opsi untuk menonaktifkan Game Mode pada aplikasi / game yang tengah berjalan ini.

Selesai, selamat mencoba!