Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengaktifkan Fitur Game Mode pada Windows 10

[Foto: pcworld.com]
Apakah Anda sering bermain game pada PC Windows 10 Anda? Jika ya, maka sebaiknya Anda mengaktifkan fitur Game Mode yang ada pada Windows 10 untuk meningkatkan performa komputer Anda ketika sedang bermain game. Sebelum adanya fitur ini, Anda harus menggunakan program game booster pihak ketiga yang berfungsi untuk menutup layanan, proses, aplikasi, maupun program yang bekerja di balik layar guna mengurangi beban CPU dan membebaskan RAM. Untungnya, dengan kehadiran Game Mode ini Anda tidak perlu repot-repot lagi menggunakan program pihak ketiga. Fitur yang tersedia pada Creators Update dari Windows 10 ini akan membuat performa gaming Anda akan lebih maksimal karena sistem akan secara otomatis mengurangi penggunaan resources oleh aplikasi dan layanan lain. Bagaimana cara mengaktifkan Game Mode tersebut? Mari kita simak.


Mengaktifkan Game Mode pada Windows 10

  • Buka menu Settings, kemudian masuk ke Gaming -> Game Mode.
  • Aktifkan opsi Use Game Mode untuk mulai menggunakan fitur ini.

Berhubung metode ini tidak bisa sekaligus menerapkan Game Mode pada semua permainan, maka ada baiknya Anda mengaktifkan Game Mode secara manual pada permainan-permainan tertentu.

Menggunakan Game Mode untuk game tertentu

  • Jalankan game yang Anda maksudkan. Tekan tombol Windows dan huruf F  pada keyboard secara bersamaan untuk membuka Game Bar. Jika tidak muncul, langsung saja masuk ke dalam Settings -> Gaming -> Game bar. Dengan Game bar ini, Anda bisa mengaktifkan fitur untuk merekam klip permainan, mengambil screenshots, dan menyiarkan permainan Anda.
  • Pada Game bar, klik ikon Settings untuk membuka halaman pengaturan pada Game Bar.
  • Pada tab General, beri tanda centang pada opsi Use game mode for this game untuk mengaktifkan Game Mode pada game yang sedang berjalan.