Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengaktifkan Kotak “Do you want to close all tabs?” pada Browser Edge

[Gambar: softpedia.com]
Jika ada dua atau lebih tab browser yang dibuka, Microsoft Edge akan menampilkan kotak “Do you want to close all tabs?” ketika Anda akan menutup browser tersebut. Kotak dialog “Do you want to close all tabs?” ini hadir untuk menghindari kalau-kalau Anda tidak sengaja menutup browser saat ada lebih dari satu tab yang terbuka. Pada kotak dialog itu sendiri, terdapat sebuah opsi untuk selalu menutup semua tab atau opsi Always close all tabs. Jika Anda memberi tanda centang pada opsi tersebut, maka browser Edge tidak akan lagi menampilkan kotak dialog tersebut sebelum Anda menutup browser Edge — bahkan ketika Anda lebih dari satu tab yang terbuka.


Jika Anda sebelumnya pernah memberi tanda centang pada opsi Always close all tabs dan ingin mengembalikan kotak Do you want to close all tabs? ini, mungkin Anda akan kesulitan dalam melakukannya. Pasalnya, tidak ada opsi pada Microsoft Edge untuk mengembalikan kotak dialog tersebut. Untungnya, Anda bisa mengembalikan kotak Do you want to close all tabs? dengan membuat perubahan kecil di Registry. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya.

Mengaktifkan kotak “Do you want to close all tabs?” di browser Edge

Berhubung prosedur ini mengharuskan Anda untuk membuat perubahan pada Registry, sebaiknya Anda membuat system restore point atau backup-an Registry.

Langkah 1: Jalankan Registry Editor dengan mengetikkan Regedit di kolom pencarian di Start atau taskbar kemudian menekan tombol Enter. Registry Editor juga bisa dijalankan dengan mengetikkan Regedit.exe pada program Run. Saat Anda melihat kotak User Account Control, klik tombol Yes.

Langkah 2: Pada Registry Editor, masukkan key berikut ini

HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\ Local Settings\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\AppContainer\Storage \microsoft.microsoftedge_8wekyb3d8bbwe\ MicrosoftEdge\Main

Langkah 3: Pada sisi kanan, buatlah value DWORD baru dengan cara klik kanan pada ruang kosong, klik New, kemudian klik value DWORD (32-bit). Lalu beri nama AskToCloseAllTabs.

Langkah 4: Selanjutnya, klik dua kali pada DWORD AskToCloseAllTabs dan ubah value datanya menjadi 1 (satu) untuk mengaktifkan kotak “Do you want to close all tabs”.

Selamat mencoba!