Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengatasi Keyboard yang Tidak Berfungsi di Layar Login Windows

[Gambar: chip.de]
Pernahkah ketika Anda membuka layar log in pada Windows 10, keyboard PC Anda berhenti bekerja?Biasanya hal ini terjadi setelah Anda mau menggunakan PC setelah PC Anda berada dalam hibernation mode atau sleep mode. Hal ini tentunya akan sangat bermasalah terutama bagi pengguna yang harus mengetikkan kata sandi untuk bisa masuk ke dalam Windows. Tapi, tenang saja. Masalahnya tidak terletak pada hardware Anda melainkan pada software. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.


Menggunakan On-Screen Keyboard untuk masuk ke dalam Windows. Mengingat tetikus atau touchpad Anda masih bisa digunakan, Anda bisa memanfaatkan fitur Ease of Access pada Windows 10. Caranya adalah mengklik tombol Ease of Access yang ada di bagian kanan bawah layar log in Anda. Setelah itu, klik opsi On-Screen Keyboard. Anda pun kini bisa menggunakan On-Screen Keyboard tersebut untuk mengetikkan kata sandi Anda.

Biasanya, jika sudah berhasil masuk ke dalam sistem, keyboard Anda akan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Restart PC Windows 10 Anda. Jika cara di atas tidak berfungsi bagi Anda, Anda bisa coba untuk meng-restart PC Anda. Caranya mudah, cukup klik tombol Power pada layar log in, kemudian pilih opsi restart. Perlu diingat, ada kemungkinan data-data atau proses kerja yang belum Anda simpan ada kemungkinan menghilang.

Aktifkan opsi untuk log in dengan pemindai sidik jari. Sebagai langkah antisipasi terjadinya hal seperti ini, akan lebih mudah jika Anda mengaktifkan opsi untuk log in dengan menggnakan pemindai sidik jari. Hal ini tentunya hanya berlaku bagi Anda dengan perangkat yang mendukung pemindai sidik jari. Tidak hanya membuat proses log in jadi semakin cepat, metode log in ini juga bisa dibilang lebih aman dari metode lain.