Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengecek Status Server Apple Maps dengan Mudah

[Foto: imore.com]
Mengalami masalah pada saat mengakses Apple Maps melalui iPhone atau iPad Anda? Banyak kemungkinan yang terjadi, mulai dari gangguan konektivitas hingga masalah dari server Apple nya sendiri. Meskipun tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya jika hal itu terjadi, masih ada cara untuk memonitor status Apple Maps sehingga Anda bisa tahu ketika server sudah kembali bekerja lagi. Berikut ini cara untuk memonitor status server Apple Maps dan semua layanan yang termasuk di dalamnya degan menggunakan website pemeriksa status yang resmi dan pihak ketiga.

Memeriksa melalui website resmi System Status Apple

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah Apple Maps tengah mengalami masalah yang berhubungan dengan server adalah dengan melalui website resmi System Status Apple. Selama Anda memiliki koneksi internet, website System Status Apple akan memberikan Anda informasi paling terkini tentang serangkaian layanan Apple, mulai dari aktivasi iOS hingga iCloud, dan tentu saja, Apple Maps. Selain menampilkan status terkini dari layanan Apple, situs ini juga akan menginformasikan pengguna mengenai gangguan yang sudah diselesaikan, beserta informsdi mengenai maintenance mendatang yang bisa menimbulkan masalah.


Jika ada pesan di sebelah layanan apapun yang berhubungan dengan Maps (Display, Routing & Navigation, Search atau Traffic), klik pada pesan tersebut, kemudian Anda bisa melihat informasi terkait masalah tersebut, termasuk jenis masalah yang mungkin atau sedang dialami oleh pengguna. Ini merupakan situs yang sangat berguna untuk dilihat jika Anda sedang mengalami masalah konektivitas dengan layanan Apple. Dengan begini, Anda bisa mengetahui apakah masalahnya ada pada perangkat iOS Anda atau koneksi internet pada perangkat yang Anda gunakan.

 

 

Memeriksa melalui website pihak ketiga

Sayangnya website resmi System Status Apple itu tidaklah sempurna. Ada saat di mana pada saat terjadi masalah, website resmi System Status Apple tidak menunjukkan apa-apa.

Untungnya, terdapat beberapa layanan pihak ketiga yang mengandalkan data crowdsourced untuk memberikan informasi status terbaru mengenai berbagai layanan online, mulai dari Amazon hingga PlayStation Network dan tentu saja, layanan online Apple. Salah satu situs web tersebut adalah Outage.Report. Website ini akan memberi Anda status terkini dari Apple Maps, beserta riwayat masalah yang dilaporkan dan informasi lokasi secara langsung sehingga Anda dapat melihat apakah masalahnya terlokalisasi atau terjadi di seluruh dunia. Anda juga bisa mencoba Down Detector, namun pada saat artikel ini ditulis, layanan tersebut tidak melacak Apple Maps (walaupun ia tetap mencakup sejumlah layanan Apple lainnya).

Periksa perangkat iOS Anda

Jika setelah memeriksa situs resmi System Status Apple dan website pihak ketiga yang disebutkan di atas ternyata tidak ada masalah pada Apple Maps, mungkin masalah ada pada perangkat Anda. Langkah pertama adalah memeriksa apakah perangkat Anda terhubung ke internet atau tidak. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka Safari dan mencoba mengakses Google. Jika bisa terhubung, maka konektivitas internet tidak menjadi masalah. Langkah selanjutnya adalah menyetel ulang perangkat Anda atau mengunjungi dealer / teknisi Apple terdekat untuk memperbaiki perangkat Anda.