Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengecek Update Terbaru Secara Manual pada PC Windows

[Foto: windowscentral.com]
Sebagai pengguna PC Windows, tentunya Anda pernah atau bahkan rutin mendapatkan notifikasi update sistem yang muncul pada waktu-waktu tertentu. Kadang, notifikasi update itu memang sedikit menyebalkan, apalagi ketika ia muncul pada saat kita sedang mengerjakan sesuatu. Tapi, sebenarnya memperbaharui sistem komputer Anda sangatlah penting demi keamanan dan kenyamanan Anda sendiri dalam menggunakan PC. Nah, jika Anda sudah lama tidak menggunakan PC Windows Anda dan ingin memastikan bahwa Anda menggunakan software teranyar, Anda bisa mengeceknya secara manual pada PC Windows Anda.

Caranya, tekan tombol Windows atau tombol Search, kemudian ketikkan “check for updates” pada kotak pencarian tersebut. Kemudian, tekan Enter atau klik pada hasil pencarian pertama. Anda kemudian akan dibawa ke halaman Windows Update pada aplikasi Settings pada Windows 10 (jika Anda menggunakan Windows 7, maka yang terbuka adalah Control Panel). Pada halaman tersebut, Anda akan melihat kapan terakhir kali PC Windows Anda terhubung ke server Microsoft untuk mengecek pembaharuan teranyar. Klik tombol “Check for updates”, dan Anda pun bisa mengetahui apakah Anda menggunakan Windows versi yang terbaru atau bukan. Pengguna Windows 7 akan ditunjukkan halaman yang sedikit berbeda, tapi dengan opsi yang sama. Cukup klik “Check for Updates” untuk melihat apakah ada update terbaru.


Jika PC Windows Anda sudah up to date, maka Anda tidak perlu mengunduh atau menginstall apa-apa lagi. Jika tidak, cukup klik “Install updates” lalu ikuti petunjuk pada layar untuk mengunduh dan menginstal pembaharuan yang Anda butuhkan. Anda mungkin akan diminta untuk me-restart komputer Anda setelah proses update selesai, jadi pastikan Anda menyimpan pekerjaan Anda sebelum melakukan proses update ini.

Pada umumnya, Anda tidak perlu memeriksa update ini secara manual. Secara default, semua versi Windows akan mengunduh dan menginstall pembaruan secara otomatis. Jika Anda menonaktifkan fitur ini, saya sangat menyarankan pada Anda untuk mengaktifkannya kembali (Anda bisa menemukan opsi ini pada “Change settings” di Windows 7 dan“Choose how updates are installed” di Windows 8). Meskipun kadang menyebalkan, pembaruan / update secara otomatis ini sangat penting untuk membuat PC Windows Anda tetap aman.

Sistem Windows 10 sendiri tidak memberikan akses bagi pengguna untuk menonaktifkan update, namun jika Anda khawatir data / dokumen yang sedang Anda kerjakan tiba-tiba menghilang, Anda bisa menjadwalkan “Active Hours” untuk memastikan agar proses update tidak mengganggu aktivitas Anda. Pada fitur Active Hours ini, Anda dapat memilih “Start time” dan “End time” pada komputer. Waktu default pada layanan ini adalah dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Intinya, Anda harus mengatur waktunya di saat Anda paling sering menggunakan komputer Anda. Dengan pengaturan ini, Windows tidak akan secara otomatis menginstall pembaharuan dan me-restart pada jam aktif ini.