Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengekspor dan Mengimpor Layout Start Menu pada Windows 10

[Gambar: techadvisor.co.uk]
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Start menu di Windows 10 itu bisa dikustomisasi. Anda bisa menempatkan aplikasi, memindahkan tiles, mengelompokkan tiles, mengubah ukuran tiles, membuat kelompok aplikasi sendiri, dan menghapus tiles. Banyak pengguna yang langsung mengkustomisasi Start menu tepat setelah menginstall sistem operasi. Pengguna yang sudah menghabiskan cukup banyak waktu mengatur Start menu tentunya ingin mengekspor layout Start menu agar mereka bisa menggunakan layout yang sama dengan perangkat Windows 10 nya yang lain.

Sayangnya, metode yang bisa digunakan untuk mengekspor dan import layout Start menu pada Windows 10 memang tidak begitu simpel. Anda harus menggunakan Windows PowerShell untuk mengekspor dan mengimpor layout Start menu ke file .xml. Layout yang telah diekspor kemudian bisa diimpor atau digunakan pada komputer lain yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Dalam artike ini, saya akan membahas cara untuk mengekspor dan mengimpor layout Start menu di Windows 10. Perlu diingat, Anda tidak bisa mengekspor atau mengimpor layout Start menu di Windows 10 edisi Home. Namun, Anda bisa melakukannya pada Windows 10 edisi Pro, Enterprise, dan Education.

Mengekspor layout Start menu pada Windows 10 

Langkah 1: Pertama, mulailah mengkustomisasi layout Start menu pada PC Windows 10 Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menempatkan aplikasi pada Start menu, memindahkan tiles, mengelompokkan tiles, mengubah ukuran tiles, membuat kelompok aplikasi sendiri, hingga menghapus tiles. 


Langkah 2: Buka Windows PowerShell sebagai admin. Untuk melakukannya, cukup klik kanan pada tombol Start di taskbar lalu klik Windows Powershell (Admin). Jika Anda tidak bisa menemukan Windows PowerShell, cukup ketikkan PowerShell pada kolom pencarian di Start menu atau taskbar. Klik kanan pada entri Windows PowerShell, kemudian pilih opsi Run as Administrator.

Langkah 3: Pada PowerShell, jalankan command berikut ini:

Export-Startlayout –path <path><file name>.xml

Misalnya: Export-StartLayout -Path “C:\Start\Layout.xml”

Sistem pun akan membuat file .xml nya pada lokasi tertentu.

Membackup atau mengekspor layout Start menu pada Windows 10

Anda harus memiliki akses ke fitur Group Policy untuk mengimpor layout. Berhubung Group Policy tidak tersedia pada Windows 10 Home edition, jadi Anda hanya akan bisa melakukanny pada Windows 10 edisi Enterprise dan Pro. Selain itu, sebelum Anda mulai menerapkan atau mengimpor layout Start menu, ada baiknya Anda membuat system restore point sebelum menerapkan layout baru. Hal ini merupakan tindakan antisipasi kalau-kalau proses impor tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini caranya.

Langkah 1: Ketikkan Gpedit.msc pada kolom pencarian Start/taskbar kemudian tekan tombol Enter untuk membuka Local Group Policy Editor.

Langkah 2: Pada Local Group Policy Editor, masuklah ke dalam folder berikut ini:

User configuration -> Administrative templates -> Start menu and Taskbar

Langkah 3: Di sisi kanan, klik dua kali pada Start layout policy untuk membuka properties-nya.

Langkah 4: Pilih opsi Enabled. Pada bagian Options di kolom Start Layout File, ketikkan path ke file .xml dari layout Start menu yang sudah Anda simpan sebelumnya.

Langkah 5: Klik Apply untuk menerapkan layout Start Menu, kemudian reboot PC Windows 10 Anda.