Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus pada Aplikasi Microsoft To-Do

[Gambar: theverge.com]
Microsoft To-Do, pengganti aplikasi populer Wunderlist kini tersedia juga untuk Windows 10, iPhone dan Android. Berhubung tim yang membuat Wunderlist sama dengan yang mengembangkan Microsoft To-Do, tidak aneh jika aplikasi ini meminjam beberapa fitur dan desain dari aplikasi Wunderlist. Versi terbaru dari aplikasi To-Do ini memungkinkan Anda untuk membuat daftar dan tugas. Anda bisa menambahkan tenggat waktu, pengingat, dan catatan untuk tugas-tugas tersebut. Karena masih dalam tahap awal, aplikasi Microsoft To-Do sejuah ini belum memberikan fitur untuk mengembalikan daftar atau tugas yang telah dihapus. Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus daftar maupun tugas Anda, belum ada opsi pada aplikasi Microsoft To-Do yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikannya. Meskipun ada opsi untuk melihat tugas yang sudah diselesaikan, tapi tidak ada opsi untuk mengembalikan tugas yang terhapus.

Untungnya, masih ada cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan tugas-tugas To-Do yang tidak sengaja terhapus. Semua tugas dan daftar pada aplikasi Microsoft To-Do sebenarnya disimpan dalam Microsoft Exchange Online. Dan secara otomatis tugas dan daftar ini akan muncul di Outlook Tasks Anda. Berhubung Outlook memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan data / item yang dihapus, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengembalikan tugas maupun daftar yang terhapus dari Microsoft To-Do.


Penasaran ingin tahu bagaimana cara melakukannya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Mengembalikan tugas yang terhapus di aplikasi Microsoft To-Do

  • Jalankan program Office Outlook. Jika belum ada, install terlebih dahulu program tersebut kemudian sign in dengan akun Microsoft yang Anda gunakan pada Microsoft To-Do.
  • Pada program Outlook, buka daftar email folder, kemudian klik Deleted items untuk melihat semua item yang terhapus, termasuk tugas pada Microsoft To-Do.
  • Cari tugas To-Do yang ingin Anda kembalikan. Klik kanan pada data tersebut, klik Move, klik Other Folder, kemudian pilih Tasks. Klik OK.
  • Selesai, tugas To-Do yang terhapus pun berhasil dikembalikan.

Mengembalikan daftar yang terhapus di aplikasi Microsoft To-Do

Jika Anda mengembalikan daftar Microsoft To-Do, maka otomatis tugas yang ada di dalamnya akan ikut dikembalikan.

  • Buka Outlook desktop client pada PC Anda. Pastikan Anda akun Microsoft yang  Anda gunakan pada program Outlook ini sama dengan akun yang digunakan untuk log in ke Microsoft To-Do.
  • Pada program Outlook, buka Folder list view dengan menggunakan shortcut Ctrl + 6.
  • Buka folder Deleted items, dan Anda akan bisa melihat daftar-daftar yang telah dihapus dari Microsoft To-Do Anda.
  • Klik kanan pada daftar yang telah terhapus dan ingin Anda kembalikan, kemudian klik Move folder, lalu pindahkan ke folder Tasks untuk melihat kembali daftar tersebut pada aplikasi Microsoft To-Do Anda.

Selamat mencoba!