Home  »  Review   »  
Review

Cara Menggabungkan dan Menyatukan File PDF di Windows 10

[Gambar: pdfshaper.com]
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Anda bisa membuka dan membuat file PDF dari fitur bawaan Microsoft. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkonversi dokumen atau gambar apapun ke PDF dengan menggunakan fitur Microsoft Print. Sayangnya, Anda tidak bisa menyatukan maupun mengkombinasikan file PDF dengan fitur bawaan Microsoft.

Ada banyak layanan PDF online gratis maupun berbayar yang memungkinkan Anda untuk menyatukan file PDF. Meskipun memang lebih praktis jika menggunakan layanan PDF online tersebut, mungkin sebagaian dari Anda merasa enggan mengupload dokumen penting mereka pada server asing. Untuk itu, salah satu software yang bisa Anda coba adalah PDF Sharper Free. Software gratisan ini memungkinkan penggunanya untuk menyatukan file PDF pada Windows 10  dan versi sebelumnya.


Selain memiliki fitur untuk mengkombinasikan atau menggabungkan PDF, program ini juga dapat memisahkan file PDF, memutar halaman PDF, memotong halaman PDF, mengekestrak halaman PDF, menambahkan watermark pada halaman PDF, mengekstrak teks dari file PDF, dan lain-lain. Pada artikel ini, saya akan membahas cara untuk menggabungkan halaman PDF dengan menggunakan program PDF Shaper Free pada Windows 10.

Menggabungkan atau menyatukan file PDF di Windows 10 menggunakan PDF Shaper Free

Langkah 1: Unduh program PDF Shaper Free. Jalankan file setup untuk menginstallnya pada PC Windows 10 Anda.

Langkah 2: Jalankan program PDF Shaper Free. Di panel sebelah kiri, klik tab Content.

Langkah 3: Klik opsi Merge untuk mulai menggabungkan file PDF pada program PDF Shaper.

Langkah 4: Klik tombol Add untuk menambahkan semua file PDF yang ingin Anda gabungkan menjadi satu file PDF. Untuk mengatur file atau halaman PDF yang sudah ditambahkan, pilih file PDF kemudian klik tombol Up atau Down. Untuk melihat file PDF yag ada di daftar, klik pada file yang dimaksud, kemudian klik tombol Preview.

Langkah 5: Terakhir, klik tombol Process. Saat muncul kotak dialog Save As, pilih lokasi untuk menyimpan file PDF baru kemudian klik tombol Save untuk menggabungkan file PDF.  Jika proses penggabungan sudah selesai, Anda akan mendapat pesan bertuliskan “Done” beserta opsi untuk membuka file PDF tersebut.

Selamat mencobanya!