Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan Aplikasi Instagram pada Perangkat Mac

[Gambar: instagram.com]
Platform berbagi foto dan video paling populer di dunia, Instagram, tidak hanya bisa digunakan pada perangkat seperti telepon atau table. Anda juga sebenarnya bisa menggunakan aplikasi ini pada Mac, lho. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, intip saja langkah-langkah untuk menggunakannya pada artikel ini.

Cara memposting / upload foto ke Instagram pada Mac dengan menggunakan Safari

Pada awalnya, Instagram memang dirancang khusus untuk digunakan pada perangkat mobile saja. Tapi Anda tetap bisa melihat, memberi like maupun komentar pada foto dan video instagram melalui situs Instagram. Anda tinggal mengunjungi www.instagram.com lalu login ke dalam akun Anda. Belum punya akun Instagram? Sayangnya, Anda belum bisa register melalui browser web. Untuk melakukannya, Anda tetap harus daftar melalui aplikasi mobile nya. (Anda bisa saja meminjam aplikasi milik rekan atau keluarga Anda untuk daftar jika tidak mau menginstall aplikasi tersebut.)

Sebenarnya, Anda tidak bisa mengunggah foto atau video pada akun Anda melalui browser web. Tapi, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecoh Instagram dan membuatnya berpikir bahwa Anda mengakses situs Instagram melalui iPhone, yang memungkinkan Anda untuk mengunggah foto. Caranya? Pertama, buka browser Safari Anda, lalu masuk ke menu Preferences -> Advanced dan pastikan bahwa Show Develop Menu pada Menu Bar telah diaktifkan. Dari sana, masuk ke dalam situs Instagram kemudian log in ke dalam akun Anda. Kemudian, pilih Develop -> User Agent -> Safari – iOS 10 – iPhone.


Setelah itu, website Instagram akan reload secara otomatis, jika tidak Anda bisa melakukannya secara manual, kemudian menampilkan versi mobile dari website tersebut, lengkap dengan fitur upload-nya. Pilih ikon Camera, cari gambar yang ingin Anda unggah lalu kemudian pilih Choose. Kemudian Anda akan melihat pratinjau dari gambar tersebut beserta opsi basic editing. Jika sudah merasa puas dengan gambar tersebut, klik Next, tambahkan caption pada gambar tersebut, dan Anda pun bisa membagikannya pada pengikut Instagram Anda. Tapi, cara ini juga memiliki kekurangan. Anda hanya bisa mengunggah gambar dan tidak bisa mengunggah video melalui Safari. Anda juga tidak akan bisa mengakses opsi advanced editing dan fitur filter pada Instagram.

 

Memposting / upload foto dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga pada Mac

Ada sejumlah aplikasi pihak ketiga memeriksa peyang tersedia di Mac App Store yang menawarkan berbagai fitur Instagram, mulai dari melihat feed Anda hingga memberikan notifikasi. Anda juga bisa mengunggah konten ke Instagram pada Safari, tidak seperti jika Anda membuka website tersebut dengan cara konvensional. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda coba adalah Flume. Ini merupakan salah satu aplikasi Instagram pihak ketiga yang cukup populer. Aplikasi ini menghadirkan tampilan feed Instagram yang minimalis, intuitif, dan rapi. Jika dilihat sepintas, aplikasi ini seakan terlihat seperti menampilkan serangkaian gambar tanpa disertai dengan caption maupun komentar. Namun, jika Anda mengklik sebuah foto maka Anda bisa melihat caption foto dan bahkan menambahkan komentar. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan fitur-fitur yang biasa ditemukan pada aplikasi Instagram pada umumnya seperti upload foto / video, notifikasi, editing tools yang lengkap, Instagram Direct dan sebagainya.