Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan Fitur Multi-Windows Pada Android Nougat

[Gambar: developer.android.com]
Akhir 2016 lalu, Android meluncurkan sistem operasi versi terbarunya, Android Nougat. Pada versi Android yang terbaru ini,  terdapat sebuah fitur Multi-Windows yang memungkinkan penggunanya untuk membuka dua aplikasi yang berbeda pada satu layar yang sama. Fitur ini dapat digunakan pada orientasi layar lanskap atau potret. Pada orientasi layar lanskap, Anda hanya bisa membagi layar setengah-setengah untuk dua aplikasi. Namun, pada layar potret Anda bisa mengubah pembagian layar menjadi sepertiga atau dua per tiga. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang sering melakukan dua hal yang berbeda pada smartphone-nya secara bersamaan. Misalnya, jika Anda sedang membaca sebuah e-book dan ingin mencari arti dari sebuah kata yang tidak dimengerti pada buku tersebut, Anda cukup membuka aplikasi lain tanpa perlu menutup aplikasi sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Multi-Windows pada Android Nougat.

  • Buka aplikasi utama yang akan Anda gunakan.
  • Tekan dan tahan tombol Overview (ikon yang berbentuk persegi) di pojok kanan bawah. Tombol tersebut kemudian akan digantikan dengan ikon dua persegi panjang kecil.
  • Pilih aplikasi kedua yang akan Anda gunakan pada app switcher. Jika sebuah aplikasi tidak mendukung fitur multi-windows ini, maka akan muncul tulisan “App doesn’t support split screen”.
  • Untuk mengganti aplikasi kedua, ketuk ikon dua persegi panjang pada pojok kaman bawah layar, kemudian pilih aplikasi baru dari app switcher.
  • Jika Anda menggunakan orientasi layar potret, Anda bisa mengubah pembagian layar menjadi sepertiga atau dua per tiga dengan cara menekan garis pembatas di tengah layar dan mengaturnya sesuai keinginan Anda.
  • Untuk keluar dari fitur Multi-Windows ini, tekan dan tahan ikon dua persegi panjang yang ada di kanan bawah layar. Anda juga bisa menggeser garis pembatas tersebut ke atas maupun ke bawah untuk keluar dari fitur ini.