Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan Fitur Peta Offline Pada Aplikasi Google Maps

[Gambar: freepix.com]
Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Maps. Aplikasi ini sangat membantu penggunanya untuk menavigasi arah, pergi ke suatu tempat, atau melihat informasi lokasi tertentu. Namun, bagaimana jika daerah yang akan dikunjungi memiliki sinyal internet yang jelek? Solusinya, manfaatkan fitur offline pada Google Maps. Dengan begini, Anda bisa mengakses peta pada sebuah lokasi tertentu tanpa harus terhubung pada internet. Berikut ini cara untuk menggunakan fitur offline ini:

  • Jalankan aplikasi Google Maps Anda. Pastikan Anda menggunakan aplikasi Maps versi terbaru yang sudah mendukung fitur peta offline.
  • Ketikkan lokasi yang Anda tuju. Setelah menemukannya, klik pada nama lokasi tersebut. Setelah itu, klik tombol menu yang terletak di pojok kanan layar kemudian plih opsi “download offline area.”  Untuk memperbesar area yang ingin diunduh, jauhkan dua jari pada layar. Untuk memperkecil area yang diunduh, lakukan gerakan mencubit pada layar. Selanjutnya, Anda bisa memilih daerah mana yang ingin Anda simpan dan memberi nama pada peta offline tersebut. Sebenarnya, nama peta sudah diisi secara otomatis oleh sistem, namun Anda juga bisa menambahkan detail tambahan untuk mempermudah Anda mencari peta tersebut.
  • Selesai. Dengan begini, Anda bisa mengakses peta daerah tersebut tanpa harus menggunakan koneksi internet. Catatan: peta offline hanya tersimpan pada perangkat Anda selama 30 hari. Selebihnya, peta offline akan dihapus secara otomatis.
  • Untuk mengakses kembali peta offline yang sudah Anda simpan, ketuk tombol menu yang terletak di pojok kiri atas layar Anda, kemudian pilih opsi “Your places.” Pada menu ini, Anda bisa melihat semua lokasi yang telah Anda simpan, seperti alamat rumah dan tempat kerja, lokasi yang disimpan, timeline yang menunjukkan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi, dan peta offline yang telah Anda simpan.