Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan iPhone Sebagai Kaca Pembesar

[Foto: groupon.com]
Ingin membaca catatan kaki pada sebuah buku, namun tulisannya terlampau kecil? Kaca pembesar bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda. Namun, kalau Anda tidak memiliki kaca pembesar, Anda juga bisa memanfaatkan fitur magnifier pada iPhone Anda, kok. Mari kita simak cara menggunakan fitur kaca pembesar pada iPhone.

Fitur yang tersembunyi ini dapat ditemukan di menu Accessibility pada perangkat iOS 10. Lebih tepatnya, buka menu Setting -> General -> Accesibility -> Magnifier. Setelah itu, aktifkan tool tersebut untuk bisa menggunakannya. Jika sudah diaktifkan, maka Anda cukup menekan tombol Home sebanyak tiga kali untuk menggunakan fitur tersebut. Setelah itu, kamera akan langsung terbuka dan layar akan menampilkan objek yang sudah diperbesar. Fitur ini juga dilengkapi dengan pengaturan khusus untuk setiap objek yang Anda zoom in.


Jika diperhatika, di bawah gambar utama akan terdapat slider untuk mengontrol pembesaran pada gambar. Jika Anda ingin memperbesar gambar lebih lanjut, seret kursor ke arah kanan slider tersebut. Perlu diingat, berhubung ini merupakan pembesaran secara digital, semakin tinggi tingkat pembesarannya, maka kualitas gambar pun akan semakin menurun. Di bawah kontrol pembesaran, ada beberapa opsi yang tersedia.

Ikon kilat di sebelah kiri memungkinkan Anda untuk menyalakan dan mematikan flashlight atau lampu sorot. Ini akan sangat berguna jika Anda tengah membaca di ruangan yang tidak begitu terang. Ikon gembok untuk mengaktifkan Focus Lock yang membantu Anda untuk memfokuskan kamera. Di tengah, terdapat ikon untuk memotret yang biasa ditemukan pada aplikasi kamera. Kemudian, di paling kanan terdapat opsi pengaturan untuk tingkat kecerahan dan kontras pada citra yang ditampilkan. Anda juga bisa mengubah mode warna pada citra tersebut untuk semakin memperjelas objek yang diperbesar.