Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan Kembali Akun Microsoft yang Telah Ditutup

[Gambar: microsoft.com]
Sebelumnya, saya sudah membahas bagaimana caranya menutup dan menghapus akun Microsoft (Outlook, Live, atau Hotmail). Lalu, bagaimana jika Anda ingin membuka kembali akun yang sebelumnya telah Anda tutup ini?

Banyak pengguna yang berubah pikiran setelah menutup akun mereka dan ingin menggunakan kembali akun Microsoft tersebut. Untungnya Anda bisa membuka kembali akun Microsoft Anda jika Anda belum melebihi periode 60 hari setelah Anda menutup akun Microsoft Anda. Ketika Anda menutup sebuah akun Microsoft dengan mengirimkan request untuk menutup akun tersebut, maka Microsoft tidak akan menghapusnya secara permanen dalam periode waktu 60 hari. Pada periode waktu ini, jika Anda memutuskan untuk membuka kembali akun Anda, maka Anda bisa melakukannya dengan mudah. Untungnya lagi, semua data kontak, email, dan lain-lain akan tetap ada seperti sebelumnya.

Catatan: Perlu diingat, jika Anda sudah melewati periode waktu 60 hari yang disebutkan di atas, maka sayangnya Anda tidak bisa kembali menggunakan akun yang sudah ditutup tersebut. Satu-satunya pilihan bagi Anda adalah membuat lagi sebuah akun Microsoft yang baru.


Cara membuka kembali akun Microsoft Anda

Ikutilah langkah-langkah di bawah ini untuk membuka kembali akun Microsoft Anda.

Langkah 1: Kunjungi halaman Microsoft OutlookSign-in dengan menggunakan alamat email dan dan kata sandi akun Microsoft yang telah Anda tutup sebelumnya.

Langkah 2: Setelah berhasil sign-in, Anda akan melihat sebuah halaman yang menginformasikan bahwa Anda akan membuka akun yang sudah ditandai untuk dihapus, beserta dengan tanggal kapan akun Anda dihapus secara permanen. Berhubung Anda masih ingin terus menggunakan akun tersebut dan tidak jadi menutupnya, klik tombol bertuliskan Continue – I want to reopen this account.

Langkah 3: Selanjutnya, Anda akan melihat halaman “Help us protect your account”. Sebelum Anda bisa membuka kembali akun Microsoft Anda, Anda harus memverifikasi bahwa akun tersebut memang benar milik Anda dengan cara memilih sebuah metode verifikasi (email atau nomor telepon), lalu mengetikkan kode yang Anda terima ke alamat email atau kontak Anda.

Pilih antar alamat email sekunder yang sebelumnya Anda hubungkan dengan akun Microsoft Anda atau pilih nomor kontak Anda. Di dalam kotak, ketikkan alamat email sekunder dengan lengkap atau nomor kontak, lalu klik tombol Send code untuk menerima kode pada email atau ponsel Anda.

Langkah 4: Selanjutnya, masukkan kode keamanan (security code) pada kotak yang tersedia. Klik tombol Next button. Selesai! Anda akan melihat halaman dengan pesan “Your account is now reopened. This account is no longer marked for closure, and everything should be as you left it. Welcome back!”.

Sign-in kembali dengan menggunakan alamat email beserta kata sandi lama Anda untuk kembali menggunakan akun Microsoft tersebut. Selamat mencoba!