Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menggunakan Kode PIN Untuk Mengunci PC Windows 10

[Gambar: Windows 10]
Seperti yang diketahui, Windows 10 memberikan banyak opsi bagi Anda untuk mengunci dan mengamankan PC Anda. Mulai dari kata sandi, password berupa gambar, PIN, pemindai sidik jari, hingga face recognition. Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana caranya mengaktifkan dan menggunakan PIN untuk sign in ke dalam PC Windows 10 Anda. Fitur ini tersedia bagi pengguna Windows 10  Home Edition maupun Windows 10 Pro Edition. Namun, perlu digarisbawahi bahwa fitur PIN ini hanya berlaku jika ada sign in ke PC Windows 10 dengan menggunakan akun Microsoft dan bukan akun lokal. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur PIN pada PC Windows 10 Anda:


  • Buka menu Settings. Bisa melalui ikon Settings pada menu Start, atau dengan menggunakan shortcut tombol Windows + huruf I pada keyboard.
  • Pilih Accounts (Your accounts, email, sync, work, family).
  • Klik Sign in options. Di bawah bagian PIN, pilih tombol Add untuk menambahkan PIN baru.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi akun Microsoft, kemudian sign in ke dalam akun Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan 4 digit kode PIN. Setelah itu ketikkan kembali PIN yang sudah Anda masukkan untuk mengkonfirmasi. Jika sudah, klik tombol OK.
    • Catatan: Minimal digit yang diminta pada kode PIN adalah 4 digit, namun agar lebih aman Anda bisa memasukkan 6 digit kode PIN. Pastikan Anda menggunakan kode PIN yang tidak mudah ditebak dan banyak digunakan, seperti kombinasi angka 1234, repetisi seperti 0000, tanggal lahir, tahun lahir, dan lain-lain.
  • Selesai. Mulai sekarang, Anda akan bisa menggunakan PIN untuk log in ke dalam PC Windows 10 Anda. Ketika Anda mengisi PIN, Anda tidak perlu menekan tombol OK jika sudah selesai mengetikkan PIN. Hal ini dikarenakan Windows akan langsung terbuka ketika Anda sudah memasukkan kode PIN yang tepat.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin menghapus atau mengganti kode PIN yang sebelumnya Anda gunakan? Caranya sebenarnya sangat mudah. Namun, sebelum Anda menghapus kode PIN pada PC Anda, perlu diingat bahwa kode PIN diperlukan jika Anda ingin menggunakan fitur Windows Hello atau facial recognition. Jadi, jika Anda menghapus PIN tersebut, maka fitur Windows Hello secara otomatis akan berhenti berfungsi. Jika sudah jelas, mari langsung simak saja langkah-langkah untuk mengganti atau menghapus kode PIN Anda:

  • Seperti sebelumnya, buka menu Settings.
  • Pilih Accounts (Your accounts, email, sync, work, family).
  • Klik Sign in options. Di bawah bagian PIN, pilih tombol Change untuk mengubah kode PIN. Jika ingin menghapus kode PIN, tekan tombol Remove, kemudian klik lagi Remove.

Selesai! PC Windows 10  Anda pun sudah terlidungi oleh kode PIN. Jika sewaktu-waktu Anda lupa dengan kode PIN Anda, jangan khawatir! Anda masih bisa sign in ke dalam PC dengan menggunakan kata sandi atau password biasa. Caranya, klik tautan sign in yang terdapat di bawah kotak PIN. Kemudian, klik ikon di sebelah kanan untuk melihat kotak password. Masukkan password Microsoft Anda, kemudian tekan tombol Enter untuk masuk ke PC Anda. Mudah, bukan?