Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menghadirkan Start Menu a la Windows 7 pada Windows 10

[Foto: technobuffalo.com]
Start Menu, salah satu bagian yang menghilang pada Windows 8 dan Windows 8.1 akhirnya kembali lagi di Windows 10. Meskipun memang kebanyakan orang lebih memilih untuk mengaktifkan Start screen pada Windows 10, namun sebenarnya Anda bisa juga mengaktifkan Start menu pada PC Windows 10 Anda. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Start menu pada Windows tidak sama dengan Start menu yang biasa kita lihat pada Windows 7 atau Windows Vista. Start menu pada Windows 10 memiliki elemen-elemen yang bisa ditemukan pada Windows 7 dan Windows 8. Jadi, Start menu pada Windows 10 seperti sebuah perpaduan antara menu Start dari Windows 7 dan Windows 8.


Secara default, sisi kiri Start menu menampilkan program yang baru saja digunakan dan disematkan, sedangkan sisi kanan menampilkan Live tiles. Pengguna yang tidak menyukai Live tiles atau pengguna yang ingin memiliki Start menu yang sederhana mungkin lebih ingin memiliki Start menu Windows 10 yang terlihat seperti Start menu pada Windows 7. Jika Anda lebih suka tampilan Start menu yang simpel tapi tetap fungsional — seperti pada Windows 7, maka Anda bisa mengikuti langsung saja mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara membuat Start Menu pada Windows 10 terlihat seperti Start Menu Windows 7

Metode 1

Pada metode ini, pada intinya Anda akan menghapus semua Live tiles yang ada di sisi kanan Start Menu untuk mendapatkan tampilan Start Menu yang lebih simpel. Meskipun hasilnya mungkin tidak identik dengan Start Menu pada Windows 7, namun Anda akan mendapatkan versi yang cukup mirip tanpa harus menginstall program pihak ketiga. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih identik lagi, silahkan langsung baca Metode 2.

Langkah 1: Buka Start Menu

Langkah 2: Klik kanan pada semua tile aplikasi di sisi kanan Start Menu satu per satu, kemudian klik opsi Unpin from Start.

Langkah 3: Setelah semua tile dihapus, Anda akan mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Metode 2

Cara menghadirkan Start Menu Windows 7 di Windows 10 dengan menggunakan program pihak ketiga

Jika Anda ingin memiliki Start Menu Windows 10 yang identik tampilannya dengan Start Menu Windows 7 , terdapat banyak program-program gratisan yang bisa Anda coba. Classic Shell, ViStart Menu, danIObit Start menu adalah beberapa program Start Menu gratis terbaik yang bisa Anda install untuk mendapatkan Start menu mirip Windows 7 di Windows 10. Selamat mencobanya!