Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Hapus Akun iCloud dan Apple ID Pemilik Sebelumnya

[Gambar: gizbot.com]
Jika Anda menggunakan iPhone bekas, ada kalanya ponsel Anda meminta Anda untuk mengisi kata sandi untuk akun Apple ID pengguna lama. Apple ID merupakan alamat surel yang digunakan untuk log in ke App Store dan layanan Apple lainnya. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID dari pengaturan awal saat Anda baru memiliki iPhone/iPad. Setelah itu, iOS akan mengingat Apple ID yang Anda gunakan, meskipun Anda tetap harus mengisi ulang kata sandi untuk alasan keamanan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menghapus akun Apple ID lain yang terhubung pada perangkat tersebut dan mengubahnya dengan akun Apple ID milik Anda sendiri. Berikut ini cara untuk melakukannya.

Mengganti Apple ID yang muncul di App Store

Misalnya, ada orang yang meminjam iPhone atau iPad Anda kemudian memasukkan Apple ID nya sendiri untuk meng-install sebuah aplikasi. Pada saat Anda masuk lagi ke App Store, otomatis akun yang sebelumnya dipakai akan jadi default Apple ID. Untuk kembali menggunakan akun Apple ID milik Anda, lakukan cara ini:


  • Buka App Store
  • Ketuk Featured
  • Pilih Apple ID di kiri bawah, kemudian ketuk opsi Sign Out
  • Pilih Sign In, kemudian masukkan Apple ID dan kata sandi. Jika sudah, pilih OK.
  • Selesai. Apple ID pun sukses diganti. Dengan begini, ketika sistem mengunduh atau memperbaharui aplikasi, ia akan menanyakan kata sandi milik Anda.

Perlu dicatat, aplikasi yang sudah diaplikasi oleh akun Apple lain itu akan tetap ada di perangkat Anda. Ini akan jadi masalah, karena iOS akan secara otomatis mengingat bahwa aplikasi tersebut diunduh dengan akun lain. Akibatnya, pada saat ada update untuk aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dari Apple ID teman Anda untuk mengundugnya. Untuk mengatasinya Anda bisa melewat pembaharuan tersebut, mendapatkan kata sandi teman Anda, atau menghapus aplikasinya.

Menghapus Apple ID dari iCloud atau Find My Friends

Menghapus Apple ID yang tidak diinginkan dari iCloud atau Find My Friends sedikit lebih sulit. Hal ini dikarena Apple meminta Anda untuk mengisi kata sandi sejak tahap awal Anda mau menghapus akun. Hal ini dilakukan guna menghindari perangkat hasil curian dijual ke pasaran. Jika Anda tahu pemiliki Apple ID sebelumnya, maka Anda harus meminta mereka untuk memasukkan kata sandinya pada perangkat Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke kata sandi tersebut (karena Anda membeli iPhone/iPad bekas, misalnya) maka mau tidak mau Anda harus menghubungi orang yang bersangkutan atau mengembalikan iPhone itu untuk mendapatkan refund.

Setelah Anda mendapatkan kata sandi yang dibutuhkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Settings atau pengaturan. Ketuk bagian paling atas yang menunjukkan nama dan foto Anda. Pada iOS versi yang lebih lama, Anda harus memilih opsi iCloud.
  • Pilih Sign Out, kemudian Delete from My iPhone.
  • Masukkan kata sandi dari Apple ID lama
  • Putuskan apakah Anda ingin menyimpan salinan data iCloud untuk kalendar, kontak, pengingat, dan Safari.
  • Pilih Sign Out. Setelah ini, Anda bisa memilih opsi Sign In dan memasukkan Apple ID dan kata sandinya.