Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menghapus Konten Netflix yang Telah Diunduh ke PC Windows 10

[Gambar: thrillist.com]
Netflix sebelumnya telah menambahkan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menonton konten Netflix secara offline. Tidak hanya pada aplikasi mobile saja, aplikasi Netflix di Window 10 juga telah dilengkapi dengan fitur serupa. Secara default, aplikasi Netflix di Windows 10 akan menyimpan konten yang telah diunduh pada drive tempat Anda menginstall Windows 10 (biasanya pada drive “C”). Jika Anda mengunduh banyak film dan acara televisi dari Netflix, lama kelamaan kapasitas penyimpanan pada drive sistem Anda bisa-bisa semakin menipis. Apalagi sejauh ini Anda tidak bisa mengubah lokasi default untuk data-data yang telah diunduh di Netflix. (Meskipun Anda memang bisa menyalin konten yang telah diunduh ke lokasi atau drive lain, kemudian memindahkannya ke lokasi awal jika ingin ditonton.)

Untungnya, Anda bisa dengan mudah menghapus konten Netflix dari PC Anda. Aplikasi Netflix untuk Windows 10 memungkinkan Anda untuk melihat dan mengelola film-film maupun acara TV yang telah Anda unduh di Netflix tanpa harus keluar dari aplikasi tersebut. Anda bisa melihat semua konten yang telah diunduh, dan menghapus film dan acara TV dari PC Windows 10 Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus konten Netflix tertentu atau menghapus semua konten yang telah Anda unduh ke PC Windows 10.


Menghapus konten tertentu atau semua konten pada Netflix

  • Jalankan aplikasi Netflix Anda. Klik tombol menu di sebelah kiri atas layar, kemudian klik My Downloads untuk melihat konten video yang telah Anda unduh.
  • Untuk menghapus film atau acara TV yang Anda inginkan, klik ikon Edit pada kanan atas layar. Setelah itu, Anda akan melihat ckeckbox pada semua konten yang telah diunduh.
  • Pilih film dan episode acara TV yang ingin Anda hapus dari PC Anda, kemudian klik ikon Delete yang ada pada bagian kanan atas untuk menghapus konten yang dipilih dari PC Anda.
  • Sementara itu, untuk menghapus seluruh konten video yang telah Anda unduh, cukup hapus semua data yang ada.

Menghapus seluruh konten yang telah diunduh secara sekaligus

Anda juga bisa menghapus konten video pada Netflix Anda tanpa perlu masuk ke dalam halaman My Downloads. Berikut ini caranya.

  • Jalankan aplikasi Netflix Anda. Klik ikon berupa tiga titik pada kanan atas, kemudian klik Settings.
  • Setelah halaman Settings pada Netflix terbuka, klik opsi Delete all downloads yang terletak di bawah bagian Downloads. Dengan begini, seluruh film dan acara TV yang telah diunduh akan terhapus dari Netflix Anda.

Menghapus seluruh film dan acara TV yang telah diunduh melalui file explorer

  • Buka File Explorer, kemudian buka direktori berikut ini: C:\Users\UserName\AppData\Local\Packages\4DF9E0F8.Netflix_mcm4njqhnhss8\LocalState\offlineInfo\downloads
  • Pada direktori di atas, ubah “C” dengan drive tempat Windows 10 berada. Lalu, ubah teks UserName dengan nama akun Anda.
  • Setelah berhasil masuk, pilih semua data dengan menggunakan shortcut keyboard Ctrl + A, kemudian gunakan shortcut keyboard Shift + Delete untuk menghapus semua data. Setelah ini, seluruh film dan acara TV yang telah Anda unduh ke PC Windows 10 akan terhapus secara permanen.