Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menghilangkan Watermark Test Mode pada Desktop Windows 10 Anda

Pernahkah Anda mengalami keadaan di mana desktop Windows 10  Anda menampilkan watermark Test Mode? Meskipun ukurannya relatif kecil dan letaknya ada di pojok kanan bawah desktop, tapi watermark ini bisa mengurangi estetika desktop Anda, bukan? Memangnya, apa sih sebenarnya Test Mode pada Windows 10 itu? Nah, dalam artikel ini saya akan membahas sedikit mengenai Test Mode dan bagaimana caranya untuk menonaktifkan atau mengaktifkan Test Mode pada  Windows 10.

Apakah Test Mode pada Windows 10?

Test Mode merupakan sebuah fitur pada sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk menginstall atau menggunakan driver yang tidak memiliki sertifikat Windows atau tidak diberi digital sign oleh Microsoft. Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin menjalankan atau menguji program yang tidak memiliki sertifikat otentik. Dengan kata lain, pesan atau watermark Test Mode ini mengindikasikan bahwa Anda telah mengatifkan Test Mode atau bisa jadi sebuah program atau driver yang baru diinstall secara otomatis menyalakan sendiri Test Mode ini. Jika Anda tidak merasa mengaktifkan Test Mode ini, ada baiknya jika Anda menonaktifkannya saja.


Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Test Mode pada Windows 10

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Test Mode pada Windows 10. Harap diingat, ada kemungkinan program atau driver yang tidak memiliki sertifikat Windows tidak akan bisa dibuka jika fitur ini dimatikan.

Langkah 1: Jalankan Command Prompt sebagai administrator. Untuk melakukannya, ketikkan CMD pada kolom pencarian Start menu, lalu Anda pun akan melihat Command Prompt pada hasil pencarian. Klik kanan pada entri Command Prompt kemudian klik opsi Run as administrator. Klik tombol Yes saat Anda melihat layar User Account Control.

Langkah 2: Pada layar Command Prompt, jalan command berikut ini:

Untuk mengaktifkan Test Mode:

Bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON

Untuk menonaktifkan Test Mode:

Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Jika command di atas tidak berfungsi, gunakan command di bawah ini:

Bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS
Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Setelah itu, Anda bisa langsung keluar dari Command Prompt. Jika watermark atau pesan Test Mode masih tetap muncul, silahkan langsung saja restart PC Anda setelah melakukan operasi ini. Selamat mencobanya.