Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menghindari PC Windows 10 Anda Mengunduh Update dan Merestart Sistem Secara Otomatis

[Foto: choice.com.au]
Pernahkah Anda merasa terganggu karena PC atau laptop Anda secara otomatis mengunduh pembaharuan (update) sistemyang akhirnya membuat kuota Anda terkuras atau mungkin memperlambat koneksi internet Anda? Yang paling mengesalkan, seringkali sistem tersebut langsung me-restart PC Anda meskipun Anda tengah menggunakannya. Dalam artikel ini, saya akan memaparkan cara untuk mencegah kasus ini pada PC Windows 10 Anda.


Pengaturan ‘Metered’

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pengaturan koneksi internet Anda menjadi ‘metered‘. Dengan begini, Anda tidak akan kehabisan kuota internet karena hal-hal seperti pembaharuan sistem atau pembarharuan program. Untuk  melakukannya, buka pengaturan di Windows 10 kemudian pilih Network and Internet. Klik Wi-Fi pada menu yang berada di sisi kiri, kemudian pilih jaringan internet yang digunakan oleh laptop atau PC Anda. Perlu dicatat, cara ini tidak akan berlaku bagi perangkat dengan jaringan yang menggunakan kabel Ethernet. Pada menu ini, Anda akan bisa melihat opsi untuk mengaktifkan Metered connection. Selain bisa mengurangi penggunaan data dan mencegah sistem untuk mengunduh Windows Update, secara otomatis cara ini bisa mencegah sistem untuk meng-install pembaharuan sistem.

Active Hours

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan pengaturan Active hoursUntuk melakukannya, cukup masuk ke dalam menu Settings, pilih Update & security, lalu klik Change Active Hours. Pada periode waktu yang Anda tentukan, Windows tidak akan me-restart PC Anda secara otomatis.

Tunda Update

Cara yang ketiga ini khusus bagi pengguna Windows 10 Professional Edition. Pada versi ini, terdapat sebuah opsi untuk menunda update selama berbulan-bulan. Cara untuk mengaktifkannya adalah dengan masuk ke dalam menu Settings, kemudian masuk ke bagian Advanced Options. Di sana, Anda akan menemukan opsi Defer Upgrades pada bagian Choose How Updares are Installed. Beri centang pada pilihan ini dan Anda pun bisa terbebas dari pembaharuan sistem untuk beberapa waktu.