Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengimpor Foto dari iPhone / iPad ke PC Windows 10 / 8.1 Tanpa iTunes

Meskipun harus menghadapi persaingan ketat dari produsen smartphone lain seperti Samsung, LG, HTC, dan semacamnya, iPhone dari Apple tetap menjadi salah satu smartphone terbaik yang populer di kalangan masyarakat. Banyak orang juga yang menggunakan iPhone untuk menangkap momen-momen penting dalam hidupnya melalui kamera iPhone. Seringkali, pengguna pun ingin menyimpan backup foto-foto tersebut pada PC.

Jika Anda memiliki iPhone / iPad dan ingin mentransfer foto dari iPhone ke PC atau tablet Windows 10 / 8.1 Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Aplikasi Photos bawaan di Windows 10 / 8.1  tidak hanya memungkinkan Anda untuk melihat gambar tetapi juga mengimpor gambar dari smartphone dan kamera digital Anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara mentransfer foto dari iPhone Anda ke PC Windows 10 Anda tanpa memerlukan iTunes atau alat pihak ketiga lainnya.

Cara mengimpor foto dari iPhone ke PC Windows 10 

Langkah 1: Hubungkan iPhone Anda ke PC Windows 10 dengan menggunakan kabel  iPhone Anda.

Langkah 2: Setelah terhubung, Anda akan melihat sebuah layar baru di iPhone Anda dengan pesan “Allow this device to access photos and videos“. Pilih Allow.

Langkah 3: Luncurkan aplikasi Photos bawaan pada PC Windows 10 Anda.

Langkah 4: Setelah meluncurkan aplikasi Photos, klik opsi Import yang berada di kanan atas aplikasi Photos. Aplikasi Photos kemudian akan mencari semua video dan foto di iPhone Anda.


Langkah 5: Selanjutnya, Anda akan melihat kotak dialog Select items to import from Apple iPhone. Pilih foto dan video yang ingin Anda impor ke PC Windows 10 Anda. Secara default, aplikasi Photos akan memilih semua foto dan video. Jadi, Anda bisa menyisihkan beberapa foto dan video yang tidak ingin Anda impor.

Langkah 6: Klik tombol Continue.

Langkah 7: Anda akan melihat layar “Start Importing?“. Secara default, semua foto dan video yang diimpor akan disimpan ke akun OneDrive Anda (jika ada) namun Anda dapat mengubah lokasinya dengan mengklik tautan Change where they’re imported dan memilih lokasi yang diinginkan.

Langkah 8: Klik tombol Import untuk mulai mengimpor gambar dan video yang dipilih. Setelah selesai, Anda akan melihat notifikasi desktop dengan tulisan “Photos has finished importing photos.” 

Cara mengimpor foto dari iPhone ke PC Windows 8.1

Langkah 1: Hubungkan iPhone Anda ke PC dengan menggunakan kabel Apple. Periksa layar iPhone Anda sekarang. Anda mungkin melihat pemberitahuan dengan opsi Trust. Pilih opsi Trust untuk melanjutkan.

Langkah 2: Saat Windows berhasil mengidentifikasi iPhone Anda, Anda akan melihat notifikasi di kanan atas layar dengan pesan Tap to choose what happens with this device.

Langkah 3: Klik atau ketuk notifikasi untuk melihat tiga pilihan: Import photos and videos, Open device to view files, dan Take no action. Klik atau ketuk opsi  Import photos and videos. Ini akan membuka semua foto di iPhone Anda di aplikasi Photos Windows 8.

Langkah 4: Pilih foto dan video yang ingin Anda impor lalu klik atau ketuk tombol Import untuk mulai menyalin semua foto dari iPhone ke PC Anda.

Langkah 5: Setelah selesai, Anda akan melihat opsi untuk membuka folder dan melihat foto yang diimpor. Anda juga dapat menutup aplikasi Photos jika ingin melihat fotonya nanti.