Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menginstall Ulang Aplikasi Photos pada Windows 10

[Gambar: Windows Store]
Aplikasi Photos merupakan photo viewer atau pembuka foto/gambar default pada sistem operasi Windows 10. Meskipun program Windows Photo Viewer memang masih ada pada Windows 10, namun program tersebut dinonaktifkan dari awal. Pengguna harus mengaktifkan Windows Photo Viewer terlebih dahulu untuk membuatnya program photo viewer default di Windows 10.

Bukan hanya image viewer saja, aplikasi ini juga memberikan tools untuk editing dan optimisasi dasar. Pada aplikasi ini, Anda juga bisa memberikan efek dan filter pada foto Anda. Dengan aplikasi Photos, Anda bisa memotong, memutar, meluruskanmmemperbaiki foto Anda. Anda juga bisa menghilangkan red eye dari foto tersebut.

Jika seandainya aplikasi Photos pada  PC Windows 10  Anda tidak bisa dibuka atau bermasalah, Anda bisa memperbaiki masalahnya dengan menginstall ulang aplikasi Photos. Sayangnya, tidak seperti aplikasi Windows 10 lainnya, aplikasi Photos yang satu ini tidak bisa diuninstall melalui aplikasi Settings. Pada artikel ini, kita akan melihat cara untuk menguninstall dan menginstall aplikasi Photos pada Windows 10.

Metode 1
Uninstall aplikasi Photos melalui PowerShell
Langkah 1: Jalankan PowerShell sebagai administrator. Untuk melakukannya, ketikkan PowerShell pada kolom pencarian di Start menu atau taskbar, klik kanan pada entri PowerShell di hasil pencarian, kemudian klik opsi Run as administrator.

Klik tombol Yes jika Anda melihat kotak User Account Control.


Langkah 2: Pada PowerShell, ketikkan command berikut ini kemudian tekan tombol Enter untuk melihat aplikasi yang sudah diinstall.

Get-AppxPackage –AllUsers

Langkah 3: Gulir ke bawah, cari entri bernama Microsoft.Windows.Photos, kemudian copy PackageFullName ke program Notepad. Untuk bisa menemukan entri aplikasi Photos dengan cepat, klik kanan pada titlebar PowerShell, klik Edit -> Find, lalu ketikkan Photos. Setelah itu, klik tombol Find next.

Untuk menyalin PackageFullName, pilih PackageFullName kemudian gunakan hotkey Ctrl + C untuk menyalinnya.

Langkah 4: Jalankan command berikut ini untuk meng-uninstall aplikasi Photos.

remove-AppxPackage PackageFullName

Pada command di atas, ganti PackageFullName dengan PackageFullName aplikasi Photos yang sebelumnya sudah Anda salin ke notepad di langkah 3.

Langkah 5: Setelah meng-uninstall aplikasi Photos dari Windows 10, sekarang Anda bisa menginstall aplikasi Photos dari Windows Store. Saat Store terbuka, ketikkan Microsoft photos pada kolom pencarian, klik pada entri Microsoft Photos, kemudian klik tombol Free. Jika tombol Free tidak aktif, atau yang ada hanyalah tombol Open, tutup kembali Windows Store. Kemudian jalankan kembali Windows Store tersebut.

Metode 2

Menginstall ulang aplikasi Photos menggunakan CCleaner

Bagi Anda yang tidak familiar dengan PowerShell, Anda juga bisa menggunakan software gratis bernama CCleaner untuk menguninstall aplikasi foto. Berikut ini caranya.

Langkah 1: Unduh software CCleaner, kemudian install pada PC Windows 10 Anda.

Langkah 2: Jalankan CCleaner, klik Tools, lalu klik Uninstall untuk melihat daftar aplikasi yang telah terinstall.

Langkah 3: Cari entri dengan nama Photos, klik kanan pada entri tersebut, kemudian klik tombol Uninstall. Klik OK jika Anda melihat kotak konfirmasi.

Langkah 4: Setelah aplikasi Photos berhasil diuninstall, unduh dan install kembali aplikasi Photos melalui Windows Store seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.