Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengisi Daya Baterai Smartphone di Laptop dalam Keadaan Sleeping Mode

[Foto: zdnet.com]
Laptop tidak hanya bisa digunakan untuk mengetik, menonton video, atau mungkin internetan. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai iPhone, Android, atau Windows Phone Anda. Sayangnya, seringkali proses charging terpaksa terhenti karena laptop Anda masuk ke sleep mode atau ketika laptop ditutup. Padahal, sebenarnya Anda bisa mengkonfigurasi laptop Windows 10 Anda agar tetap mengisi daya baterai ponsel Anda ketika laptop sedang dalam keadaan tertidur.

Kebanyakan pengguna PC kini memiliki satu atau bahkan lebih dari satu smartphone. Meskipun smartphone memang meningkat dengan drastis beberapa tahun ke belakang ini, daya tahan baterainya tidak begitu mengalami peningkatan. Hal ini sepertinya disebabkan karena penggunaan resource yang lebih berat dan juga waktu aktif yang lebih panjang dari sebelumnya. Karena itulah mayoritas baterai smartphone, termasuk smartphone sekelas iPhone dan Samsung Galaxy, relatif tidak tahan sehari penuh tanpa di-charge.

Bagi pengguna smartphone yang sering bepergian atau berwisata, biasanya mereka bergantung pada powerbank untuk mengisi baterai smartphone pada saat perjalanan. Sebagai alternatifnya, pengguna juga bisa memanfaatkan laptop untuk mengisi daya baterai smartphone saat tengah bepergian.

Cara mengisi daya baterai iPhone, Android atau Windows Phone saat laptop dalam Sleeping  Mode

Mayoritas orang beranggapan bahwa smartphone bisa diisi baterainya saat laptop sedang aktif atau dalam keadaan standby. Namun, mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya smartphone dapat di-charge bahkan saat laptop berada dalam Sleeping Mode. Dengan pengaturan default, sebagian besar laptop tidak mendukung proses charging perangkat eksternal selama Sleeping Mode. Untuk itu, Anda perlu mengubah power settings USB pada Windows dan juga di BIOS / UEFI untuk mengisi daya telepon Anda saat PC berada dalam mode tidur. Perlu dicatat, tidak mungkin mengisi daya baterai iPhone, Android, atau Windows Phone Anda dengan menghubungkannya ke laptop yang tertidur. Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke laptop saat laptop Anda sedang berjalan. Bila Anda melakukannya, ponsel Anda akan terus mengisi daya bahkan setelah Anda menutup tutup laptop atau mengaktifkan Sleeping Mode pada laptop.


Lakukan perubahan pada pengaturan USB Root Hub

Langkah 1: Ketik Device Manager di kotak pencarian pada menu Start atau taskbar, lalu tekan tombol Enter untuk membuka hasil pencarian. Sebagai alternatif, pada kotak Run command (gunakan logo Windows + R untuk membukanya), ketik Devmgmt.msc, kemudian tekan tombol Enter.

Langkah 2: Ketika Device Manager sudah dijalankan, buka Universal Serial Bus Controllers untuk melihat semua USB controllers.

Langkah 3: Klik kanan pada USB Root Hub, kemudian klik Properties untuk membuka USB Root Hub Properties.

Langkah 4: Klik pada tab Power Management untuk beralih ke tab tersebut. Di sini, hapus centang pada pilihan yang bertuliskan Allow the computer to turn off this device to save power.

Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

Jika Anda memiliki beberapa entri USB Root Hub di bawah Universal Serial Bus Controllers, Anda harus mengikuti petunjuk pada Langkah 3 dan Langkah 4 untuk semua USB Root Hub.

Ubah USB Power Settings pada  BIOS / UEFI

Jika smartphone Anda tidak juga mengisi daya setelah Anda melakukan metode 1, ini bisa jadi karena fitur Always On USB pada BIOS / UEFI dimatikan. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mengaktifkan fitur Always On USB.

Langkah 1: Reboot laptop Anda dan tekan tombol yang sesuai saat me-reboot untuk masuk ke BIOS / UEFI.

Langkah 2: Temukan USB Settings pada BIOS / UEFI.

Langkah 3: Di bawah USB Settings, Anda akan melihat opsi berlabel Always On USB atau opsi berlabel serupa. Aktifkan opsi Always On USB untuk memastikan agar port USB tetap aktif selama laptop sedang berdaya rendah.

Langkah 4: Pada beberapa laptop, Anda mungkin melihat opsi yang diberi label Charge in battery mode di bawah pengaturan USB BIOS. Seperti namanya, jika Charge in battery mode diaktifkan, Anda akan dapat mengisi daya perangkat eksternal Anda bahkan saat laptop Anda memiliki daya baterai rendah. Pilihan ini bisa menguras baterai laptop Anda dengan cepat, namun jika Anda berencana untuk men-charge ponsel saat bepergian menggunakan laptop, Anda harus mengaktifkan opsi ini.

Langkah 5: Setelah itu, jangan lupa Save pengaturan baru ini.