Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengkustomisasi Halaman Tab Baru pada Browser Microsoft Edge

[Gambar: filecritic.com]
Dengan pengaturan default, browser Microsoft Edge akan menampilkan kotak pencarian Bing, top sites alias website yang sering Anda kunjungi, serta konten yang direkomendasikan pada halaman tab baru. Jika Anda tidak suka dengan apa yang ditampilkan pada halaman tab baru pada Edge, Anda bisa mengubah pengaturan default dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda. Sayangnya, tidak seperti browser Mozilla Firefox dan Google Chrome, fitur untuk mengkustomisasi halaman tab baru pada Microsoft Edge cenderung lebih terbatas. Hal ini disebabkan karena terbatasnya add-in maupun extension pada Microsoft Edge.  Misalnya, Anda tidak bisa mengubah gambar latar pada tab Microsoft Edge atau menampilkan berita dari portal berita favorit Anda.

Pada Edge, Anda hanya bisa mengontrol suggested content apakah yang ditunjukkan pada halaman tab baru. Misalnya, Anda bisa mengatur Edge agar menampilkan berita mengenai olahraga, keuangan, dan otomotif saja. Perlu dicatat, Anda tidak bisa memilih sumber berita yang ditampilkan.Selain suggested content atau berita, halaman tab baru akan menampilkan kartu informasi. Kartu informasi ini berupa sebuah tile besar yang berada di sisi kanan halaman tab baru yang berisi informasi singkat. Contohnya, kartu informasi cuaca menampilkan informasi cuaca. Sejauh ini, Microsoft Edge menyajikan kartu olahraga, cuaca, dan keuangan. Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan kartu-kartu ini pada pengaturan halaman tab.


Cara mengkustomisasi halaman tab baru pada browser Edge

Pada artikel ini, saya akan membahas cara untuk mengkustomisasi halaman tab baru pada browser Microsoft Edge di Windows 10.

Langkah 1: Buka halaman tab baru pada browser Edge dengan menggunakan hotkey Ctrl + T. Sebagai alternatif, Anda bisa mengklik tanda plus yang muncul setelah tab terakhir.

Langkah 2: Klik ikon Settings yang terletak di kanan atas halaman browser. Jika Anda melihat layar kosong, klik tautan Show top sites atau Show top sides and my feed untuk melihat setting-nya.

Langkah 3:  Pada halaman pengaturan, Anda bisa mengatur agar tab baru menampilkan suggested content dan top sites, top sites saja, atau blank page. Selain itu, Anda juga bisa memilih topik berita yang ingin ditampilkan sebagai suggested content. Untuk memilih topik, klik pada tile. Ada bisa memilih semuanya atau hanya beberapa topik tertentu yang menarik bagi Anda.

Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan kartu informasi pada halaman ini. Selain itu, Anda juga bisa memilih region/language tertentu untuk menampilkan berita dari daerah tertentu. Misalnya, jika Anda memilih Indonesia, maka halaman tab baru hanya akan menunjukkan Suggested News dan Content dari daerah Indonesia saja. Untuk melanjutkan, klik tombol Save.

 Harap dicatat, sampai saat ini Anda tidak bisa menghapus kotak pencarian Bing dari halaman baru Edge.