Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengorganisasi Aplikasi Dengan Menggunakan Folder

[Foto: androidcentral.com]
Apakah ada di antara Anda yang memiliki segudang aplikasi pada smartphone? Anda tidak sendiri, karena saya juga begitu. Saya pribadi memang cenderung mudah penasaran dengan aplikasi-aplikasi yang baru dirilis atau yang sedang hangat diperbincangkan. Saking banyaknya aplikasi yang dimiliki, kadang saya sedikit kesulitan untuk menemukannya. Sebagai solusinya, saya akhirnya bernisiatif untuk mengkategorisasikan aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam folder. Pada beberapa sistem operasi, Anda bisa meletakkan maksimal lima folder di bagian paling bawah. Dengan begini, Anda bisa menghemat lebih banyak tempat.

Cara membuat folder aplikasi.


Tekan dan tahan sebuah aplikasi yang ingin Anda masukkan ke dalam folder. Di beberapa ponsel, jika Anda melakukan ini maka Anda akan merasakan getaran kecil dan tampilan layar pun akan sedikit berubah. Kemudian, seret aplikasi tersebut ke atas ikon aplikasi lain, lalu lepaskan jari Anda. Secara otomatis sistem pun akan membuat sebuah folder baru. Bagi pengguna perangkat iOS, langkah membuat folder juga tidak jauh berbeda dengan cara di atas.

Mengubah nama folder aplikasi.

Biasanya, jika aplikasi-aplikasi yang telah dimasukkan ke dalam sebuah folder memiliki kategori yang sama, maka sistem akan secara otomatis memberikan nama folder berdasarkan kategori aplikasi tersebut. Misalnya, jika Anda memasukkan Twitter ke dalam folder yang sama dengan Facebook maka secara otomatis folder tersebut akan diberi nama ‘Social‘. Namun, jika ternyata Anda harus menamai folder tersebut secara manual, maka saya sarankan untuk mengelompokkan aplikasi yang satu kategori kemudian menamakan folder sesuai kategori aplikasi yang ada di dalamnya. Pada akhirnya, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda masing-masing. Misalnya, jika Anda memiliki banyak Games pada ponsel Anda, Anda juga bisa mengkategorisasikan folder berdasarkan genre game, misalnya: Card Game, Racing, Simulation, Role Playing, dan sebagainya.

Caranya, tekan dan tahan pada folder. Setelah terbuka, ketuk nama folder tersebut kemudian tuliskan nama folder yang baru. Setelah selesai, pilih OK atau ikon centang. Pada beberapa ponsel, Anda cukup membuka folder kemudian mengetuk nama folder untuk menggantinya.