Home  »  News   »  
News

Cara Mengubah Default Printer pada PC Windows 10

[Foto: hp.com]
Apakah Anda baru saja membeli sebuah printer baru? Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya menginstall nya pada PC yang Anda gunakan, kemudian mengaturnya menjadi default printer Anda. Default printer berarti setiap kali Anda akan mencetak sesuatu dengan PC Anda, maka Windows secara otomatis akan menggunakan printer yang dipilih menjadi default printer. Biasanya, Windows 10 secara otomatis menjadikan printer yang terakhir kali digunakan sebagai default printer. Meskipun begitu, banyak pengguna yang ingin mengatur sendiri default printer nya secara manual. Tentu saja, tidak mustahil bagi Anda untuk mengatur sendiri default printer pada PC Anda. Artikel ini akan menjelaskan cara mudah untuk menjadikan printer Anda sebagai default printer pada PC Windows 10. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

Mencegah Windows 10 untuk menentukan default printer sendiri secara otomatis

Sebelum bisa menentukan default printer secara manual, Anda harus menonaktifkan opsi untuk memilih default printer secara otomatis pada Windows 10. Caranya, masuk ke Settings -> Devices -> Printers & Scanners, lalu matikan opsi “Let Windows manage my default printer.” Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika opsi ini diaktifkan maka Windows 10 akan secara otomatis memilih printer yang terakhir kali digunakan di PC tersebut untuk menjadi default printer pada PC Windows 10 Anda.

Baca Juga:  Karena Alasan Keamanan, Lenovo Imbau Penggunanya Untuk Hapus Akselerator Aplikasi

Metode 1: Mengatur default printer melalui Settings


  • Buka Settings atau pengaturan pada PC Windows 10 Anda. Kemudian pilih Devices -> Printer & Scanners.
  • Pada halaman Printers and Scanners, klik printer yang ngin Anda jadikan default printer. Selanjutnya Anda akan melihat tiga tombol, yaitu: Open queue, Manage, dan Remove device buttons. Klik tombol Manage untuk melanjutkan.
  • Lalu, klik tombol Set as default untuk menjadikan printer tersebut sebagai default printer di PC Windows 10.

Metode 2: Mengatur default printer melalui Devices and Printers

  • Buka Control Panel pada PC Anda. Cara termudah untuk membuka Control Panel di Windows 10 adalah dengan cara mengetikkan Control Panel di kolom pencarian pada Start menu, kemudian tekan Enter saat hasil pencarian muncul.
  • Pada layar Control Panel,  ubah opsi View by menjadi Small icons untuk mempermudah navigasi.
  • Klik Devices and Printers untuk melihat semua printer yang sudah terpasang. Jika ada printer Anda yang tidak terdeksi, ada kemungkinan driver printer Anda belum terpasang atau rusak.
  • Klik kanan pada ikon printer yang ingin Anda jadikan sebagai default printer. Kemudian, klik opsi Set as default printer untuk menjadikannya sebagai default printer di PC Windows 10 Anda.
Baca Juga:  4 Emulator Android untuk Menjalankan Aplikasi Android Pada PC

Metode 3: Mengatur default printer melalui program lain

  • Buka program bawaan Windows seperti Notepad atau Paint.
  • Setelah terbuka, tekan tombol Ctrl + P pada keyboard untuk membuka kotak dialog Print. Anda juga bisa mengklik menu File kemudian memilih opsi Print untuk melihat kotak dialog Print.
  • Pada bagian Select Printer, klik kanan pada ikon printer yang ingin Anda jadikan sebagai default printer. Kemudian, klik opsi Set as default printer untuk menjadikannya sebagai default printer di PC Windows 10 Anda.

Mudah, bukan? Selamat mencoba.