Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengubah Ekstensi Data Melalui Perangkat Android

[Foto: androidpit.com]
Suatu ketika, saya pernah mengisi sebuah formulir online yang mengharuskan saya untuk mengunggah pas foto pada sistem. Ketika, saya unggah pas foto tersebut, sistem tersebut menolak foto tersebut dan menyatakan bahwa data yang saya unggah tidak sesuai dengan ketentuan. Menurut ketentuan, pendaftar hanya bisa mengunggah foto dengan format .jpg saja. Ketika saya lihat, format foto saya adalah .jpeg. Memang beda format, tapi kan harusnya tidak jadi masalah karena format .jpeg juga lazim digunakan (dan sama-sama gambar). Akhirnya, daripada susah-susah mengkonversi foto tersebut, saya pun berusaha untuk mengakalinya dengan mengubah ekstensi data tersebut menjadi .jpg. Hasilnya? Sistem tersebut akhirnya menerima pas foto yang ekstensinya telah saya ubah. Jadi, bagaimana cara mengubah ekstensi sebuah data pada Android? Ini dia langkah-langkahnya.


  • Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi file explorer pada perangkat Android Anda. Beberapa perangkat Android juga kadang sudah melengkapi perangkat tersebut dengan aplikasi file explorer bawaan. Tapi jika belum ada, Anda bisa mengunduh aplikasi file explorer melalui Google Play Store. Beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda coba di antaranya adalah File Commander, ES File Explorer, Super File Manager, Solid Explorer, dan sebagainya.
  • Jalankan aplikasi file explorer yang Anda gunakan, kemudian cari data yang ingin Anda ubah ekstensinya.
  • Tekan dan tahan pada thumbnail data tersebut, kemudian pilih opsi “Rename“. Pada beberapa aplikasi file explorer, Anda perlu memilih tombol menu atau more sebelum bisa menemukan opsi tersebut.
  • Setelah itu, sebuah kotak yang berisikan nama data akan muncul. Kemudian ubah ekstensi data tersebut dengan ekstensi yang Anda inginkan. Misalnya, jika nama data awal adalah “Pas-foto.jpeg” maka cukup ubah bagian belakangnya menjadi “Pas-foto.jpg”.

Catatan: mengubah ekstensi data itu BERBEDA dengan mengkonversi format data. Artinya, jika Anda mengubah sebuah dokumen MS Words dengan ekstensi .docx, bukan berarti dokumen itu otomatis berubah menjadi file PDF ketika diubah ekstensinya menjadi .pdf.