Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengubah Ikon Folder pada Windows Vista, 7, 8, dan 10 tanpa Aplikasi Tambahan

[Gambar: pinterest.com]
Dari waktu ke waktu, tidak ada perubahan yang begitu signifikan terhadap ikon folder pada sistem operasi Windows. Bahkan, Windows 7 dan Windows 8/8.1 menggunakan set ikon yang sama dengan Windows Vista. Begitu juga dengan Windows 10.

Pengguna PC yang suka mengotak-ngatik Windows-nya mungkin ingin mengubah tampilan ikon default folder pada sistem operasi Windows. Ikon yang unik akan membantu Anda untuk menemukan folder yang Anda cari, terutama jika Anda memiliki begitu banyak folder dengan warna dan ikon yang serupa. Misalnya, Anda bisa menggunakan ikon khusus pada folder yang sering Anda buka agar Anda bisa dengan mudah menemukan folder tersebut.

Salah satu kelebihan dari sistem operasi Windows adalah adanya fitur untuk mempermak penampilan Windows dengan dan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bahkan, sejak zaman Windows XP juga, Windows sudah memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mengganti ikon folder default tanpa menggunakaan tool pihak ketiga. Sayangnya, masih belum begitu banyak pengguna yang menggunakan atau bahkan mengetahui fitur yang berguna ini.


Meskipun banyak program pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mengubah ikon folder, namun kami tidak begitu merekomendasikannya karena kebanyakan sulit untuk dihapus. Berikut ini cara untuk mengganti ikon folder secara gratis tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara mengubah ikon folder default

Metode ini bisa digunakan pada berbagai versi Windows yang terbaru, termasuk Vista, Windows 7, dan Windows 8. Lalu, harap diingat bahwa mengganti ikon sebuah folder tidak akan secara otomatis mengubah ikon pada folder lain. Misalnya jika Anda mengganti ikon pada folder bernama ‘Labana 1’, maka ikon default pada folder ‘Labana 2’ tidak akan berubah.

Langkah 1: Masuk ke dalam folder yang ingin Anda ubah ikonnya.

Langkah 2: Klik kanan pada folder tersebut, lalu klik Properties untuk membuka kotak Properties.

Langkah 3: Buka tab Customize. Pada bagian Folder Icons, klik tombol “Change Icon” untuk memilih sebuah ikon dari folder Anda. Jika Anda memiliki ikon sendiri, cukup klik tombol Browse kemudian masuk ke dalam folder tempat Anda menyimpan ikon tersebut. Pilih ikon yang diinginkan kemudian klik tombol Open. Harap diingat, file ikon yang digunakan harus memiliki format .ico. Anda tidak bisa memilih atau menggunakan file ikon tanpa mengkonversinya ke format .ico terlebih dahulu. Jangan khawatir, ada banyak tersedia tool online gratisan yang bisa mengubah gambar menjadi ikon (.ico). Anda juga bisa mencari ikon-ikon bagus yang gratis pada situs DeviantArt.

 

Langkah 4: Selanjutnya, klik tombol OK, kemudian klik tombol Apply untuk mengubah ikon folder tersebut.

Selamat mencoba!