Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengubah Lokasi Default Hasil Rekaman Game DVR Pada Windows 10

[Foto: windowscentral.com]
Game DVR merupakan salah satu fitur Windows 10 yang secara khusus ditujukan bagi para gamers. Dengan menggunakan fitur Game DVR ini, pengguna PC Windows 10 dapat merekam permainan mereka dengan kualitas tinggi tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Game DVR sejauh ini mendukung perekaman terhadap mayoritas permainan yang ada, aplikasi default serta aplikasi yang terpasang dari Store, serta program desktop klasik. Namun, ia tidak bisa merekam semua area sistem operasi seperti misalnya Desktop dan File Explorer.

Secara default, Game DVR akan menyimpan semua game yang direkam dalam folder berikut:

C: \ Users \ UserName \ Videos \ Captures

Drive “C” di sini merupakan lokasi standar instalasi Windows 10 Anda dan UserName adalah nama akun pengguna Anda.

Sayangnya, Windows 10 tidak memberikan opsi bagi Anda untuk mengubah lokasi default folder tempat screenshot dan klip Game DVR disimpan. Gamer yang sering merekam permainan seringkali mengeluh karena drive sistem mereka terisi dengan cepat karena hal ini. Sebenarnya, jika drive tempat Windows 10 terinstall cepat penuh atau kehabisan ruang kosong, Anda dapat memindahkan folder Game DVR ke drive lain. Tapi, karena Windows 10 tidak memberi opsi untuk mengubah folder Game DVR default ini, Anda tidak bisa memindahkan folder Game DVR begitu saja.


Meskipun begitu, Windows 10 memmperbolehkan Anda untuk memindahkan folder Videos (folder induk dari folder Captures, di mana Game DVR menyimpan klip dan screenshot). Anda dapat menggunakan opsi ini untuk memindahkan folder Game DVR ke lokasi lain. Intinya, Anda tidak bisa hanya memindahkan folder Capture yang berada dalam folder Video,tapi Anda bisa memindahkan folder Videos.

Cara memindahkan folder Game DVR atau folder Captures di Windows 10

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan folder Game DVR atau Captures di Windows 10 ke drive lain.

Langkah 1: Buka This PC. Di panel navigasi (sebelah kiri), klik kanan pada folder Video lalu klik Properties. Lalu, Video Properties pun akan terbuka.

Langkah 2: Lalu, masuk ke dalam tab Location.

Langkah 3: Klik tombol Move, lalu cari lokasi yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan klip Game DVR dan folder Video. Pilih tombol Select Folder.

Langkah 4: Terakhir, klik tombol Apply. Saat Anda melihat dialog konfirmasi dengan tulisan:

Do you want to move all of the files from the old location to the new location? … We recommend moving all of the files so that program needing to access the folder’s content can do so.

klik tombol Yes.

Cara mengembalikan folder Game DVR atau Captures ke lokasi semula

Berikut ini langkah-langkah untuk mengembalikan folder Game DVR atau Captures ke lokasi semula

Langkah 1: Klik kanan pada folder Video di panel navigasi File Explorer.

Langkah 2: Klik pada tab Location.

Langkah 3: Terakhir, klik tombol Restore Default untuk mengembalikan folder ke lokasi asalnya. Mudah dan sederhana, bukan?