Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengubah Tampilan Warna PC Windows 10 Anda dengan Classic Color Panel

Bosan dengan tampilan warna desktop yang itu-itu saja? Anda bisa mengubahnya, kok. Windows 10 memberikan opsi bagi penggunanya untuk memilih warna untuk taskbartitle barstart menu, window borders, kotak seleksi, dan area sistem operasi yang lain dengan memilih warna aksen pada bagian personalisasi pada aplikasi Settings.

Fitur warna dan penampilan Windows telah dihilangkan dari Windows 10. Karena itu, tidak seperti di Windows 7 dan versi sebelumnya, tidak ada opsi untuk mengatur warna pada menu, teks pada tombol, teks menu, dan frame layar di Windows 10. Anda harus secara manual mengedit Registry untuk mengubah warna pada item-item ini.

Classic Color Panel untuk mempersonalisasi Windows 10

Classic Color Panel merupakan peranti lunak utilitas terbaru dari developer yang membuat System Font Changer  (sebuah peranti lunak untuk mengubah jenis tulisan sistem pada Windows 10untuk Windows 10 yang dirancang untuk membantu Anda mengubah warna default pada berbagai item di Windows 10.

Fitur-fitur Classic Color Panel

Dengan peranti lunak Classic Color Panel ini, Anda bisa mengubah warna teks pada tombol, teks caption, teks info, teks menu, teks inactive caption, teks windowscaption aktif, background, tampilan tombol, highlight tombol. bayangan tombol, highlightinactibe caption, info background, menu, window dan window frame, border aktif, app workspace, inactive border, menu bar, scroll bar, dan area-area lain pada sistem operasi hanya dengan satu klik.


Classic Color Panel memungkinkan Anda untuk memilih dan mengganti warna untuk area yang disebutkan di atas pada PC Windows 10 Anda. Secara default, Classic Color Panel sebenarnya hanya menampilkan 20 item. Untuk melihat semua item, klik tombol >>> yang ada di bagian atas. Peranti lunak ini juga telah menyediakan baloon tips untuk setiap item dalam daftar. Jadi, jika Anda tidak yakin atau tidak mengetahui sebuah item, cukup hover kursor mouse Anda pada item di Classic Color Panel untuk melihat deskripsi / penjelasan lebih lanjut.

Setelah meluncurkan program untuk pertama kalinya, program ini menawarkan pilihan untuk menyimpan pengaturan default ke file Registry sehingga Anda dapat mengembalikan warna asli untuk semua item dengan sekali klik. Saat menggunakan program ini, Anda dapat mengembalikan warna default pada sistem dan mengekspor warna baru ke file registry.

Untuk mengubah warna item, pilih tombol di sampingnya, klik warna untuk memilih warna pilihan Anda, kemudian klik Apply untuk menerapkan pilihan warna tersebut. Jika diminta oleh sistem, log off dari sistem lalu masuk lagi untuk melihat perubahan pada penampilan PC Windows 10. Secara keseluruhan, peranti lunak Classic Color Panel ini merupakan perangkat lunak yang mengesankan untuk Windows 10. Program ini akan sangat berguna terutama bagi pengguna yang suka mengotak-ngatik atau mempersonalisasikan PC Windows 10 nya.

Mengunduh Classic Color Panel

Classic Color Panel ini kompatibel dengan PC Windows 10 tipe 32-bit dan 64-bit. Untuk mengunduh versi terbaru dari peranti lunak ini, silahkan kunjungi halaman berikut ini: Download Classic Color Panel.