Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengunci Hard Disk Eksternal Western Digital dengan Kata Sandi

[Gambar: aliexpress.com]
Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas cara untuk mengunci USB Drive dengan kata sandi. Fitur ini akan berguna bagi Anda yang ingin menjadi privasi data Anda atau memastikan bahwa tidak ada orang lain yang bisa mengakses data tersebut. Tidak hanya USB Drive saja, Anda juga sebenarnya bisa mengunci atau mengenkripsi hard disk eksternal Anda. Pada umumnya, produsen hard disk memiliki peranti lunaknya sendiri untuk mengunci data dan folder pada hard drive eksternalnya. Salah satu brand hard disk eksternal yang banyak digunakan, Western Digital, juga memiliki peranti lunak sendiri untuk mengamankan dan mengunci hard disk eksternal keluarannya.

Western Digital Security adalah sebuah peranti lunak gratis dari Western Digital (WD) untuk mengunci hard disk eksternal WD dengan menggunakan kata sandi. Berhubung ini merupakan peranti lunak keluaran WD, maka peranti lunak ini hanya kompatibel dengan hard disk eksternal dari WD. Berikut ini cara untuk mengunci file dan folder pada hard disk eksternal Western Digital Anda dengan menggunakan peranti lunak resmi WD Security.


Cara mengunci hard disk eksternal Western Digital dengan menggunakan WD Security

 

Langkah 1: Pertama, unduh dan install program WD Security pada PC Anda. Dapatkan peranti lunak tersebut pada tautan ini. Selain tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Windows, WD Security juga tersedia untuk Mac.

Langkah 2: Hubungkan hard disk eksternal Western Digital Anda ke PC. Lalu, jalankan program WD Security.

Langkah 3: Setelah menjalankan WD Security, Anda akan melihat kotak dialog yang meminta Anda untuk mengetikkan kata sandi. Masukkan kata sandi baru, lalu ketik ulang kata sandi yang sama untuk memverifikasi. Tambahkan petunjuk atau hint kata sandi untuk membantu Anda mengingat kata sandi tersebut jika lupa. Klik Set Password. Jika Anda tidak ingin mengetikkan kata sandi tiap kali PC Anda terhubung ke hard disk eksternal WD, makan pilih opsi Enable auto unlock for this computer (current user).

Harap diingat, jika Anda lupa dengan kata sandi Anda, tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kata sandi tersebut. Bahkan, Anda bisa kehilangan seluruh data yang ada pada hard disk eksternal Anda jika Anda lupa kata sandi. Jadi, pastikan Anda membuat kata sandi yang rumit agar tidak mudah ditebak, tapi tetap mudah untuk Anda ingat. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus kata sandi yang ada (jika Anda lupa dengan kata sandi Anda) adalah dengan cara memformat drive WD Anda. Sayangnya, ini akan menghapus seluruh data pada hard disk Anda juga.

Anda juga bisa menghapus kata sandi dari dalam program WD Security. Caranya, jalankan program WD Security kemudian pilih opsi Remove Password. Masukkan kata sandi yang Anda gunakan, kemudian klik tombol Update Security settings untuk menghapus kata sandi yang terpasang.