Home  »  News   »  
News

Cara Mengunduh Arsip Twitter (Twitter Archive)

    [Foto: imore.com]

Pada tahun 2012 lalu, Twitter telah meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh arsip kicauan-kicauan lamanya. Fitur ini dinamakan Twitter Archive. Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat kembali tweets berdasarkan kategorisasi periode waktu tertentu. Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan arsip akun Twitter kita? Berikut ini langkah-langkahnya:


  • Masuk ke dalam menu pengaturan Akun (Account). Menu ini dapat diakses dengan mengklik foto profil di pojok kanan halaman, kemudian pilih menu Pengaturan (Settings) dari menu drop-down.
  • Scroll ke bagian paling bawah, kemudian klik tombol Minta Arsip Anda (Request Your Archive).
  • Jika arsip Twitter sudah siap diunduh, Twitter akan mengirimkan email beserta tautan untuk mengunduh arsip Twitter tersebut. Perlu diingat, Twitter akan mengirimkannya ke email yang telah tersambung dengan akun Twitter Anda.
  • Jika Anda masih belum menerim email berisi tautan meskipun arsip sudah siap diunduh, Anda bisa kembali lagi ke menu Pengaturan -> Akun -> kemudian klik tombol Kirimkan Ulang. 
  • Setelah menerima email, klik tombol Go now untuk log in ke dalam akun Twitter Anda. Kemudian Anda bisa mengunduh data berformat .zip yang berisikan arsip akun Twitter Anda.
  • Unzip file yang didapatkan dengan program seperti WinRar atau Winzip. Kemudian, buka file dengan nama index.html untuk melihat arsip Twitter pada browser pilihan Anda.

Selain menampilkan arsip kicauan Anda, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk melihat retweet pada akun Twitter Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mempermudah navigasi arsip Twitter, Anda dapat memilih kumpulan tweet per kategori tahun dan bulan.

Pada arsip Twitter tersebut, Anda juga bisa berinteraksi dengan tweet-tweet lama Anda. Mulai dari menambahkannya ke dalam Favorite atau menjawab (Reply) kicauan tersebut. Pastikan saja Anda terhubung dengan internet ketika melakukannya, ya.