Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengunduh Konten Netflix Secara Legal Pada PC Windows 10

[Foto: huffingtonpost.com]
Dengan kurang lebih 100 juta pelanggan berbayar, Netflix merupakan salah satu penyedia layanan streaming video yang paling populer di dunia. Layanan ini sudah bisa diakses melalui berbagai platform, mulai dari Android, iOS, hingga PC. Sebelumnya, pada aplikasi Netflix untuk Windows  10, pengguna hanya dapat menggunakannya untuk mencari dan streaming film maupun acara televisi. Tidak ada opsi yang memungkinkan mereka untuk mengunduh konten Netflix tersebut ke dalam PC-nya masing-masing. Namun kini, Netflix telah memperbaharui layanannya dan menambahkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh konten Netflix ke dalam PC dan menyaksikannya secara offline alias tanpa menggunakan koneksi internet.

Sayangnya, fitur ini masih memiliki sedikit kekurangan. Untuk saat ini, Anda belum bisa mengunduh semua film atau acara TV ke PC Windows 10 Anda dengan aplikasi Netflix. Anda hanya bisa mengunduh film dan acara TV yang terpilih. Ini artinya, fitur ini hanya berlaku pada sebagian film dan acara TV di Netflix. Lalu, bagaimana cara untuk mengunduh konten Netflix tersebut dan menontonnya secara offline? Mari kita lihat langkah-langkahnya.

Mengunduh film dan acara TV pada aplikasi Netflix 


  • Jalankan aplikasi Netflix pada PC Windows 10 Anda. Jika Anda belum menginstall aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya melalui Windows Store. Setelah menginstall dan menjalankan aplikasi ini, jangan lupa untuk Sign In dengan menggunakan akun Netflix Anda dengan cara mengetikkan alamat email yang terhubung dengan akun Netflix Anda beserta kata sandinya.
  • Pilih film atau acara TV yang ingin Anda unduh dan saksikan secara offline. Untuk mempermudah navigasi Anda, klik tombol menu pada bagian kiri atas layar, kemudian klik opsi Available for download.
  • Jika sebuah film atau episode pada acara TV tersedia untuk diunduh, Anda akan melihat ikon download kecil di samping judul film atau acara TV tersebut. Klik ikon download tersebut untuk mulai mengunduh atau menyimpan film/acara TV tersebut.
  • Proses download bisa dilihat di bagian bawah layar, pada bar download yang berwarna biru.
  • Untuk melihat semua film dan acara TV yang telah berhasil Anda unduh pada Netflix, buka Menu -> My Downloads. Sementara itu, jika Anda ingin melihat kapasitas penyimpanan yang telah terpakai untuk unduhan Anda, klik ikon bergambar tiga titik kemudian Settings. 
    • Untuk sementara ini, Anda belum bisa mengubah lokasi default untuk menyimpan unduhan konten Netflix Anda. Tapi, untuk menghemat kapasitas penyimpanan Anda bisa menyalin konten yang telah diunduh ke dalam lokasi atau drive lain. Lalu, ketika Anda ingin menyaksikan acara TV atau film tersebut, Anda bisa menyalinnya kembali ke dalam lokasi aslinya. Selain itu, Anda juga bisa secara rutin menghapus konten Netflix yang sudah disaksikan untuk bisa menghemat kapasitas penyimpanan pada PC Windows 10 Anda.
    • Konten Netflix tidak bisa diputar pada aplikasi pihak ketiga di luar Netflix, seperti GOM Player atau Media Player Classic. Oleh karena itu, jangan pernah mengubah nama (rename) atau mencoba untuk mengedit data Netflix tersebut karena jika Anda melakukannya, Netflix tidak akan bisa membaca konten tersebut.