Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mengunduh Windows 10 Creators Update pada PC Windows 10

[Gambar: microsoft.com]
Akhir Maret lalu, Windows mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan pembaharuan Windows 10 Creators Update yang baru mulai 11 April 2017 ini. Berhubung pembaharuan ini akan diluncurkan secara bertahap, ada kemungkinan Anda baru bisa menerima pembaharuan ini beberapa bulan ke depan. Pada tahap pertama ini, perangkat Windows 10 yang terbaru akan mendapatkan Creators Update ini lebih dulu. Jika Anda sudah tidak sabar menunggu beberapa bulan lagi untuk mendapatkan pembaharuan ini, masih ada cara untuk langsung menginstall Windows 10 Creators Update.

Microsoft sendiri memperbolehkan penggunanya untuk menginstall Windows 10 Creators Update dengan menggunakan Windows 10 Media Creation Tool. Dengan bantuan tool ini, pengguna bisa meng-upgrade secara manual Windows 10 Anda menjadi  Windows 10 Creators Update. Sebelum membahas caranya lebih lanjut, mari kita lihat dulu fitur-fitur baru apa saja yang ditawarkan oleh pembaharuan yang satu ini.

Fitur-fitur baru pada Windows 10 Creators Update

Bagi yang belum tahu, Windows 10 Creators Update memiliki beragam fitur baru yang menarik. Ini dia beberapa di antaranya.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Data Ter-backup dan Menormalkan PC Pasca Serangan Ransomware

  • Game Mode: Kini, Windows memiliki sebuah Game Mode khusus yang bisa meningkatkan performa gaming pada PC Anda.
  • Paint 3D: Akhirnya program Microsoft Paint naik kelas juga dan memiliki sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar 3 Dimensi.
  • Night Light:Fitur ini akan mengurangi kadar blue light yang dipancarkan dari layar. Pengguna bisa mengaturnya secara manual atau mengaturnya agar secara otomatis mengikuti waktu saat PC digunakan. Fitur semacam ini akan sangat berguna terutama bagi kesehatan penggunanya sendiri,karena akan lebih ramah dan aman untuk mata pengguna.
  • Dynamic Lock: Fitur yang satu ini memanfaatkan sinyal BlueTooth pada smartphone untuk mengetahui apakah seseorang tengah duduk di depan PC atau tidak. Jika tidak, ia bisa secara otomotis mengunci PC Anda.
  • Start Menu Folder: Sekarang pengguna bisa meletakkan ikon-ikon program yang berserakan di start menu ke dalam folder. Dengan begini, tampilan start menu pun akan lebih rapi.
  • Dan masih banyak lagi fitur-fitur baru lainnya.

Menginstall Windows 10 Creators Update secara langsung menggunakan Media Creation Tool

Baca Juga:  Sudah Beresolusi 4K, Xbox One X Siap Langkahi PlayStation 4?

Perlu dicatat, meskipun memang aman menginstall Windows 10 Creators Update menggunakan Media Creation Tool, namun untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya mem-backup data-data penting yang ada pada komputer Anda. Jika sudah siap, mari kita langsung simak saja caranya.

  • Buka tautan ini https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10 untuk mengunduh versi resmi Media Creation Tool. Klik tombol Download tool now untuk mengunduh Media Creation Tool versi teranyar.
  • Pada PC Windows 10 Anda, jalankan Media Creation Tool tersebut. Klik Accept untuk menyetujui license agreement yang diberikan.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat tulisan “What do you want to do?” pada layar. Pilih opsi Upgrade this PC now kemudian klik tombol Next.
  • Setelah itu, Media Creation Tool akan mulai mengunduh data-data yang dibutuhkan untuk meng-upgrade Windows 10 Anda ke Windows 10 Creators Update. Pada saat proses mengunduh data-data ini, Anda masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa pada PC Anda.
  • Terakhir, pilih opsi Keep personal files and apps kemudian klik tombol Install untuk memulai upgrade ke Windows 10 Creators Update.
Baca Juga:  4 Hal yang Wajib Dilakukan untuk Menjadi Digital Marketing Expert