Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menjadikan Google Sebagai Default Search Engine di Taskbar Windows 10

[Gambar: looken.com]
Kebanyakan pengguna PC lebih terbiasa menggunakan Google sebagai mesin pencari utamanya. Anda juga mungkin merupakah salah satunya. Seperti yang Anda ketahui, Windows 10 memiliki sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian web langsung dari taskbar. Ketika Anda mengetikkan kata kunci yang dicari pada kotak pencarian, saran pencarian (search suggestion) pun akan muncul pada kotak tersebut. Jika Anda mengkliknya, maka hasil pencarian Anda akan muncul pada browser Edge.

Berhubung yang jadi mesin pencari default-nya adalah Bing, banyak pengguna yang lebih memilih untuk menonaktifkan fitur ini. Padahal, menurut saya ini merupakan sebuah fitur yang cukup membantu. Selain itu juga, sebenarnya Anda bisa mengakali agar Google lah yang menjadi mesin pencari utama pada taskbar tersebut. Bagaimana caranya untuk melakukan hal ini? Mari kita simak  langkah-langkahnya.


  • Unduh dan pasang Browser Chrome pada PC jika Anda belum memilkinya. Program ini bisa diunduh secara gratis pada tautan ini.
  • Setelah Chrome terpasang pada PC Anda, pastikan Anda menetapkannya sebagai default browser pada PC Anda. Caranya, masuk ke dalam menu Settings -> System -> Default Apps. Pada bagian Web Browser, klik ikon default browser yang Anda gunakan sekarang untuk menampilkan kotak Choose an App. Kemudian, jadikan browser Chrome sebagai default browser Anda.
  • Sekarang, buka lagi browser Chrome pada PC Anda. Buka Chrome Web Store, cari extension bernama Bing2Gooogle, lalu pilih opsi untuk install. Extension ini memungkinkan Anda untuk mengalihkan search queries Anda dari Bing ke Google.
  • Selesai. Kini setiap kali Anda mengetikkan kata kunci pada kotak pencarian, lalu mengklik Go for Web, ia akan menampilkan hasil pencarian Google di browser Chrome.

Selamat mencoba!